Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2016, 20:42 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com- Lembaga riset pasar IDC mencatat angka pengapalan smartphone di Indonesia selama kuartal-II 2016 meningkat 22 persen dibanding kuartal sebelumnya, atau 3,3 persen dibanding kuartal yang sama tahun lalu.

Tingginya pertumbuhan angka pengapalan didorong oleh masa belanja selama bulan Ramadhan, saat vendor smartphone memperbanyak stok barang demi memenuhi angka permintaan.

Dalam periode tersebut, Samsung, Oppo, dan Asus, duduk di posisi teratas dalam hal pengapalan produk terbesar di pasaran smartphone Indonesia.

Menurut keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (1/9/2016), pangsa pasar gabungan ketiga vendor mencapai 54 persen.

“Samsung dan Oppo menggelar kampanye pemasaran besar di channel ritel tradisional dan modern. Khusus untuk Oppo, pencapaiaannya bisa diatribusikan kepada brand ambassador yang populer di kalangan masyarakat Indonesia,” sebut Senor Market Analyst Client Devices IDC, Reza Haryo.

IDC Lima pabrikan smartphone terbesar indonesia pada kuartal-II 2016, menurut data IDC

Menurut IDC, produk Samsung yang paling laris selama Ramadan adalah smartphone seri Galaxy J. Sementara, Asus berhasil naik ke ranking ketiga setelah mengapalkan smartphone low-end Zenfone Go yang dibanderol murah.

Vendor smartphone lokal, Advan yang rajin menelurkan model-model ponsel 4G, duduk di urutan keempat dengan market share 8 persen.

Setelahnya menyusul Lenovo yang memiliki penguasaan pasar sebesar 6 persen, terutama lewat seri smartphone K4 Note buatannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.