Pesan yang Dikirim Lewat WhatsApp dkk Bakal 10 Kali SMS

Kompas.com - 16/09/2016, 13:18 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Meningkatnya popularitas aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, Facebook Messenger, dan WeChat membuat jumlah pesan yang dikirim melalui layanan-layanan itu makin banyak.

Lembaga riset telekomunikasi Ovum memprediksi bahwa jumlah pesan yang terkirim melalui aplikasi-aplikasi chatting tersebut bakal meningkat dari 22,8 triliun pesan menjadi 52,5 triliun pada 2020 mendatang.

Arinya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Telecom Asia, Jumat (16/9/2016), trafik pesan yang beredar lewat WhatsApp dan kawan-kawan bakal 10 kali lebih tinggi dari layanan SMS yang diprediksi bakal mengirim 4,9 triliun pesan pada tahun yang sama.

Tingginya trafik pesan aplikasi chatting ini didukung oleh jumlah pngguna yang semakin meningkat. Menurut estimasi Ovum, jumlah pengguna aktif bulanan aplikasi chatting bakal mencapai 2,6 miliar orang.

Baca: WhatsApp Sudah Kalahkan SMS

Pengguna layanan instant messaging terbanyak pada 2020 diperkirakan akan beeada di  Oseania, Asia Timur, dan Asia Tenggara. Pengguna di tiga wilayah ini bisa mencapai 895 juta atau 34,4 persen jumlah pengguna aktif bulanan pada 2020.

Sebagian besar trafik akan beredar di negara India dan China yang memiliki jumlah penduduk terbanyak. Sebagai gambaran, hingga kuartal pertama 2016 lalu, aplikasi chatting WeChat sudah memiliki 762 juta pengguna yang mayoritas berdomisili di China.

Pemain lain seperti Facebook Messenger dan WhatsApp diperkirakan bakal memiliki pengguna aktif bulanan sebesar lebih dari 1 miliar orang pada 2020 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.