Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Zaman Roket, Masa Internet Masih Mau Lelet?

Kompas.com - 21/09/2016, 15:18 WIB
Josephus Primus

Penulis


KOMPAS.com
– Teknologi modern mengenal roket sebagai alat peluncur, mulai dari persenjataan hingga pesawat ruang angkasa. Namun, roket juga kerap disebut-sebut saat bicara soal internet.

Kecepatan dan kekuatan dorong—sampai menembus atmosfer untuk pesawat ulang-alik—menjadi keunggulan teknologi roket. Untuk menembus atmosfer, misalnya, kecepatannya bisa sampai 40.000 kilometer per jam.

Lalu, apa hubungan roket dengan internet?

Kekuatan dorong yang luar biasa pada roket itu kerap disandingkan pada segala hal yang punya atau butuh kecepatan tinggi. Nah, internet adalah salah satunya.

Internet memang tidak akan membawa penggunanya kemana-mana secara fisik. Namun, internet sudah menjadi serupa “jendela besar” untuk mengetahui banyak hal di tempat lain.

Akses internet yang lemot bakal bikin pengguna baper dan uring-uringan. Rasanya seperti menumpang mobil tapi tak juga melaju ke tempat tujuan.

Tips internet anti-lemot

Saat ini ada dua teknologi yang bisa digunakan untuk mendapatkan koneksi internet, yakni mobile dan kabel.

Kelebihan internet melalui teknologi mobile adalah dapat di gunakan dimana-mana. Oleh karenanya, biasa dipakai pengguna yang memiliki rutinitas di luar ruang.

Sayangnya, internet dengan teknologi mobile memiliki keterbatasan. Selain kecepatan, pengguna juga harus berhadapan dengan sistem kuota.

Nah, hal ini berbeda saat pengguna menggunakan teknologi internet kabel. Memakai teknologi ini, pengguna memiliki kesempatan menikmati internet berkecepatan tinggi.

Namun, terkadang promosi jasa layanan internet kabel pun mengecewakan. Kecepatan roket yang dijanjikan kerap tidak ditemui saat pengguna sudah kadung berlangganan.

Eits, jangan berkecil hati dulu. Pada dasarnya, hanya internet kabel lah yang memungkinkan internet berkecepatan tinggi, stabil, dan unlimited kuota.

Thinkstock Ilustrasi Fiber Optic

Lagi pula, koneksi internet kabel bisa disetel agar lajunya seperti roket. Nah,  agar pilihan internet kabel dan laju koneksi tidak mengecewakan, ada sejumlah tips bisa diterapkan.

Pertama, pilih jaringan internet kabel yang telah menggunakan teknologi serat optik. Kabel serat optik adalah penghantar kecepatan internet yang lebih stabil.

Memakai teknologi ini, jaringan internet tak lagi rentan mengalami gangguan cuaca dibandingkan teknologi kabel generasi sebelumnya seperti kabel tembaga.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com