Kompas.com - 22/09/2016, 06:49 WIB
Dari kiri ke kanan, tampilan logo baru Instagram, Layout, Boomerang, dan Hyperlapse InstagramDari kiri ke kanan, tampilan logo baru Instagram, Layout, Boomerang, dan Hyperlapse
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Instagram meluncurkan fitur baru untuk Anda yang kerap galau mengunggah foto. Bertajuk Save Draft, fitur itu memungkinkan pengguna menyimpan foto yang tadinya ingin diunggah tapi tak jadi karena masih ragu.

Sebelumnya, saat tak jadi mem-posting, foto atau video akan hilang begitu saja. Padahal pengguna sudah menghabiskan waktu bermenit-menit bahkan berjam-jam untuk mecari filter, mengatur kontras, dan menyetel tone warna yang tersedia di Instagram.

Intinya, Save Draft membuat konten pengguna aman. Tak ada foto atau video yang serta-merta dihapus cuma karena keragu-raguan pengguna, sebagaimana dilaporkan TheNextWeb dan dihimpun KompasTekno, Kamis (22/9/2016).

Konten yang tersimpan di Save Draft bisa ditengok dan diedit kembali hingga pengguna benar-benar yakin bahwa konten itu layak dibagi ke jejaring sosial bernuansa ungu-kekuningan itu. 


Lantas, bagaimana cara mengoperasikannya? Pertama, pengguna cukup menekan ikon kamera di sisi bawah layar aplikasi. Lalu bidik foto/video langsung dari Instagram atau comot dari galeri.

Selanjutnya, bubuhkan efek, filter, caption, dan lokasi seperlunya pada konten yang hendak dibagi. Jika sudah rampung tapi masih ragu mengunggah, pengguna cukup kembali ke tahap pemberian filter.

Di situ, ada pilihan ikon panah ke kiri alias kembali (back) di sisi kiri atas. Tekan ikon itu dan pilih Save Draft di sisi bawah layar.

Untuk melihat konten yang terhimpun di Save Draft, Anda hanya perlu menekan ikon kamera lalu pilih Library. Konten-konten akan menampakkan dirinya di sisi bawah layar.

Sebagai catatan, Save Draft cuma bisa berfungsi jika pengguna sudah mengedit foto, menge-tag teman, membubuhkan caption atau lokasi. Jika belum, Save Draft tak bekerja sebagaimana mestinya.

Fitur ini pertama kali diuji coba pada Juli lalu, dan akan disebar bertahap oleh Instagram. KompasTekno sendiri belum bisa memanfaatkan fitur tersebut. Bagaimana dengan Anda? Pastikan Anda sudah mengunduh versi teranyar Instagram di iOS maupun Android terlebih dahulu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.