Proyek Palapa Ring Barat Resmi Dimulai dari Singkawang

Kompas.com - 17/10/2016, 16:46 WIB

SINGKAWANG, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, tidak lama lagi seluruh ibu kota kabupaten dan kotamadya di Indonesia akan terkoneksi dengan infrastruktur broadband atau internet berkecepatan tinggi melalui konsep Palapa Ring.

Hal tersebut ia ungkapkan dalam acara peletakan batu pertama proyek pembangunan infrastruktur Palapa Ring Barat (PRB) di Pantai Taman Pasir Panjang Indah, Singkawang, Kalimantan Barat, Senin (17/10/2016).

Proyek tersebut merupakan kerja sama antara Kemenkominfo dengan PT Palapa Ring Barat selaku Badan Usaha Pelaksana Proyek.

"Seluruh Indonesia ada 514 Kabupaten/Kota, yang saat ini sudah terhubung baru 400, jadi masih ada 114 lagi yang belum terhubung," ujar Rudiantara di sela acara peresmian.

Ia menambahkan, dari 114 Kabupaten kota yang belum terhubung itu, sejauh ini komitment dari pihak operator untuk membangun jaringan baru menyanggupi akan mengadakan di sebanyak 57 Kabupaten/kota.

"Jadi sisanya ada 57, nah inilah yang akan kita bangun dengan menggunakan skema kerja sama antara pemerintah dengan badan usaha," jelasnya.

Kemudian, 57 titik baru yang akan dibangun pemerintah tersebut akan dihubungkan dengan yang sudah ada, salah satunya di kota Singkawang.

Proyek Palapa Ring Barat akan menjangkau lima kabupaten di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau, yaitu Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Natuna, Kabupaten Lingga, dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kelima wilayah tersebut merupakan wilayah yang dianggap tidak layak secara finansial.

Selain lima kabupaten tersebut, PRB juga akan menjangkau enam kabupaten/kota yang merupakan titik interkoneksi dengan jaringan tulang punggung serat optik yang telah dibangun oleh operator telekomunikasi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X