Kompas.com - 08/11/2016, 18:05 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Facebook sedang menguji coba fitur baru yang dikatakan mirip dengan kemampuan jejaring sosial LinkedIn. Fitur yang dimaksud terkait dengan pekerjaan, yang bermanfaat bagi pengelola page perusahaan untuk membuka lowongan atau pengguna mencari kerja.

Melalui fitur ini, pengguna bisa melihat dan langsung memasukkan lamaran pekerjaan menggunakan satu tombol “Apply Now”. Surat pun dikirim langsung ke kotak pesan milik page perusahaan.

Uniknya, pengguna tidak perlu menulis surat lamaran sama sekali. Facebook yang secara otomatis akan membuat surat tersebut.

Nantinya, informasi mengenai pengguna akan diambil dari laman "About" ditambah beberapa template surat. Dengan cara ini pengguna Facebook bisa memasukkan lamaran ke berbagai perusahaan dalam waktu singkat.

TechCrunch Contoh kolom daftar lowongan di Facebook Page milik perusahaan

Sementara itu bagi perusahaan, fitur ini bisa dipandang sebagai sebuah alternatif untuk merekrut pegawai, sekaligus memancing lebih banyak orang untuk datang ke Facebook Page perusahaan.

Saat mengunggah informasi lowongan, perusahaan dapat menampilkan berbagai informasi detail ke dalamnya. Misalnya mengenai posisi yang kosong, gaji, dan status pekerja.

Informasi lowongan yang sudah diunggah, sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (8/11/2016), akan tampil di kolom “Jobs” atau linimasa pengguna yang mengikuti Facebook Page perusahaan.

“Berdasarkan perilaku pengguna yang kami amati, banyak perusahaan kecil yang memasang informasi lowongan di Facebook Page mereka. Sekarang kami menguji pada admin Page perusahaan untuk mengunggah datfar lowongan kerja dari bermacam kandidat,” tutur juru bicara Facebook.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber TechCrunch

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.