Isi Memo CEO eBay kepada Karyawan Setelah Donald Trump Jadi Presiden

Kompas.com - 10/11/2016, 11:03 WIB
Donald Trump SAUL LOEB / AFPDonald Trump
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) memicu kekhawatiran sejumlah pihak. Salah satunya adalah CEO eBay, Devin Wenig, yang langsung menanggapi terpilihnya Trump dengan mengirim memo kepada para karyawannya.

Sebenarnya, pada masa pemilihan presiden ini, pucuk pimpinan situs lelang online tersebut tak pernah aktif dalam diskusi-diskusi terbuka. Dia juga tak menyatakan pendapat apa pun mengenai kedua kandidat saat itu, yaitu Hillary Clinton dan Donald Trump.

Namun, ketika Donald Trump yang akhirnya menang dan akan dilantik menjadi Presiden AS pada 20 Januari 2017 mendatang, Davin khawatir lanskap industri teknologi dan inovasi akan berubah.

Menurut dia, teknologi dan inovasi membutuhkan kombinasi orang dari berbagai latar belakang. Sementara Donald Trump serta tim di baliknya cenderung berada di kutub berlawanan karena mendorong sikap anti-imigran.

Informasi yang KompasTekno rangkum dari Recode, Kamis (10/11/2016), Davin juga menceritakan mengenai salah satu bagian sejarah berdirinya eBay.

Baca: Trump Presiden AS, Silicon Valley Ingin Pisah dan Jadi Negara Sendiri

Dia menyorot dua hal. Pertama, eBay sebagai sebuah situs belanja online multinasional yang didirikan oleh seorang imigran asal Perancis, Pierre Omidyar. Kedua, kesuksesan eBay saat ini yang ditopang oleh pegawai dari bermacam-macam latar belakang negara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Keberagaman seperti ini adalah aset berharga yang kita miliki, seiring berusaha memajukan bisnis,” tulis Davin dalam memo tersebut.

Seperti diketahui, isu rasial dan keberagaman ini sempat menjadi sorotan semasa kampanye Donald Trump. Trump memiliki program kerja untuk mengembalikan integritas sistem imigrasi AS, dengan memprioritaskan kepentingan warga asli Amerika lebih utama.

Trump bahkan sampai menuduh bahwa imigran hanya membawa kekacauan di AS.

Halaman:


Sumber Recode
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.