Chrome di Android Bakal Bisa "Browsing" Konten 360 Derajat

Kompas.com - 10/11/2016, 12:05 WIB
Sejumlah remaja menjajal kebolehan perangkat Virtual Reality Gear VR

Oik Yusuf/KOMPAS.comSejumlah remaja menjajal kebolehan perangkat Virtual Reality Gear VR
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi kawakan hingga startup sedang berlomba-lomba mengembangkan teknologi virtual reality (VR). Tahun depan, Google akan semakin jauh melengkapi ekosistemnya dengan teknologi tersebut.

Pabrikan Mountain View itu mengumumkan bakal menambahkan dukungan WebVR ke peramban Chrome di ponsel Android, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Kamis (10/11/2016).

WebVR sendiri merupakan platform yang sudah ada sejak 2014. Platform itu tak lain adalah Javascript API yang digunakan untuk menikmati konten 360 derajat.

Artinya, pengguna ponsel Android nantinya bisa "browsing" atau berselancar situs berkonten 360 derajat tanpa perlu beralih ke aplikasi khusus. Syaratnya, penjajalan itu perlu didukung perangkat VR, seperti Google Cardboard, HTC Vive, Samsung Gear VR, atau Xiaomi Mi VR.

Diketahui, dua aplikasi yang selama ini sudah mengimplementasikan penjajalan konten 360 derajat adalah YouTube dan Facebook. Namun, pengguna harus membuka layanan tersebut untuk menikmati konten di dalamnya.

Dengan WebVR, pengguna Android bisa secara random menelusuri situs di peramban Chrome. Ketika bertemu konten 360 derajat, pengguna tak perlu lagi repot ganti aplikasi untuk menikmatinya.

Implementasi WebVR pada peramban Chrome di Android ditargetkan mulai Januari 2017 mendatang. Kita tunggu saja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca: Video 360: Menjelajahi Pameran Indocomtech 2016

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.