Kompas.com - 18/11/2016, 10:57 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Sosok pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg banyak menuai perhatian, termasuk dari kelompok peretas alias hacker. Dalam setahun, sudah tiga kali akun media sosialnya jadi sasaran peretasan.

Terakhir, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Forbes, Jumat (18/11/2016) pekan ini kelompok hacker OurMine mengumumkan telah berhasil masuk ke akun Pinterest milik Zuckerberg dan melakukan deface. Pinterest adalah jejaring sosial bagi mereka yang ingin mengoleksi foto.

“Hey, ini OurMine. Jangan khawatir, kami hanya menguji keamanan Anda saja,” bunyi pesan yang tertera di laman Pinterest Zuckerberg, lengkap dengan judul berbunyi “Hacked By OurMine”, sebelum kembali diubah seperti semula.

OurMine mengklaim berhasil menemukan kelemahan di Pinterest yang bisa dipakai untuk membajak akun Zuckerberg.

Disebutkan juga bahwa mereka memiliki password akun Twitter Zuckerberg, tapi tak berhasil masuk (login). Mungkin karena dedengkot Facebook itu sudah mengaktifkan otentikasi dua tingkat (two-step verification) setelah akun Twitter-nya sempat diretas beberapa waktu lalu oleh kelompok hacker yang sama.

OurMine Tampilan akun Pinterest Zuckerberg usai mengalami deface oleh kelompok peretas OurMine.

Sebelumnya, pada Juni 2016, OurMine sempat pula mengklaim berhasil masuk ke akun Twitter dan Pinterest milik Zuckerberg.

Baca: Hacker Curi Password Akun Media Sosial Mark Zuckerberg

Kelompok peretas ini dikenal doyan mencari sensasi dengan menyasar sosok-sosok terkenal dalam dunia teknologi. Selain Zuckerberg, nama-nama lain yang pernah menjadi korban OurMine adalah CEO Google, Sundar Pichai; CEO Yahoo, Marissa Meyer; dan CEO Uber, Travis Kalanick.

Motivasi di balik serangannya adalah menawarkan “jasa keamanan” karena OurMine selalu menyisipkan informasi kontak di bawah pengumuman bahwa mereka hanya “menguji sekuriti” akun dimaksud. 

Baca: Ini Dia, Password Pendiri Facebook yang Dicuri Hacker

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.