Kompas.com - 21/11/2016, 07:33 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Tahun depan, Nokia dipastikan comeback meluncurkan ponsel di bawah benderanya sendiri tanpa embel-embel Lumia atau Microsoft. Sistem operasinya pun dikatakan bakal pakai Android, bukan Windows Phone seperti mayoritas sebelum-sebelumnya.

Hal ini pertama kali terendus ketika agensi iklan Mother ditunjuk untuk mengurus segala kampanye brand smartphone Nokia sepanjang 2017. Eksekutif Microsoft pun sempat sesumbar bahwa Nokia bakal meluncurkan smartphone dengan brand sendiri pada kuartal kedua 2017.

Yang teranyar, sebuah slide presentasi resmi Nokia tersebar di ranah maya. Slide itu menunjukkan timeline bisnis Nokia dari 2016 hingga 2018 mendatang.

Baca: Resmi, Nokia 216 Dibanderol Rp 450.000 di Indonesia

Pada 2017, tercantum bahwa brand Nokia kembali ke smartphone, sebagaimana ditilik KompasTekno, Senin (21/11/2016) dari slide yang dilaporkan NPU. Selain itu, rencana Nokia tahun depan antara lain mengekspansi kepemimpinan di industri virtual reality (VR) dan mengekspansi lisensi mobile, otomotif, dan elektronik konsumer.

Informasi pada slide itu memang belum bisa dikonfirmasi 100 persen kebenarannya. Namun, untuk tahun 2016, informasinya sesuai dengan fakta yang terjadi, mulai dari peluncuran kamera VR OZO, peralihan akuisisi, hingga persetujuan lisensi dengan perusahaan lain.

Lebih rinci, pada Mei lalu, unit bisnis ponsel Nokia dialihkan ke FIH Mobile dari Microsoft. FIH tak lain adalah anak usaha raksasa perakit smartphone, Foxconn.

Dalam waktu berdekatan, Nokia juga mengumumkan telah melisensikan properti intelektual mereka berikut merek "Nokia" ke perusahaan baru, HMD Flobal.

HMD Global dan FIH Mobile sudah bersinergi dan membagi peran masing-masing. HMD merancang gadget mobile di bawah bendera Nokia, sementara produksinya diserahkan ke FIH. Nah, FIH dan HMD-lah yang memikul beban untuk mengembalikan kejayaan Nokia di industri ponsel.

Ada tiga smartphone Nokia yang digadang-gadang bakal meluncur pada 2017 mendatang. Dua di antaranya disebut premium, sementara satunya diproyeksikan untuk kelas menengah ke bawah. Dua nama yang bocorannya ramai beredar adalah Nokia D1C dan P1. Kita tunggu saja.

Baca: Jalan Berliku Ponsel Nokia untuk Kembali Berdering

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber NPU

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.