2020, Harga iPhone Bekas Bisa Rp 1,8 Juta

Kompas.com - 23/11/2016, 20:16 WIB
iPhone 5 AppleiPhone 5
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Saat ini, peredaran ponsel rekondisi atau bekas pakai (refurbished) yang resmi memang belum begitu besar. Namun dalam kurun waktu empat tahun mendatang, peredaran ponsel tersebut akan mencapai angka ratusan juta unit di seluruh dunia.

Harga jual rata-rata smartphone rekondisi (bekas pakai) seperti Apple iPhone dan Android Galaxy besutan Samsung bisa berkisar Rp 1,8 juta.

Pada 2015 lalu, hasil perhitungan lembaga riset pasar IDC mengungkap ada 81,3 juta unit ponsel rekondisiyang dikirimkan ke seluruh dunia. Pada 2020, jumlah tersebut bakal melonjak hingga 222,6 juta unit ponsel.

Peningkatan total pengiriman ponsel rekondisi ini mengindikasikan compound annual growht rate (CAGR) sebesar 22,3 persen.

Riset IDC juga menunjukkan persebaran pengiriman ponsel refurbished. Dari total 222,6 juta unit tadi, sebanyak 24,8 persen akan disebarkan di wilayah Amerika Utara. Sedangkan sisanya, 75,2 persen akan disebarkan ke seluruh penjuru dunia.

Pada 2020, diprediksi juga bahwa rata-rata harga ponsel refurbished akan ada di kisaran 136 dollar AS atau sekitar Rp 1,8 juta. Nilainya pun akan naik hingga mencapai 30 miliar dollar AS atau setara Rp 404,2 triliun.

Sayangnya, data tersebut tidak merinci negara mana saja yang bakal kebagian ponsel rekondisi resmi ini. Tidak disebutkan juga apakah Indonesia termasuk di dalamnya atau tidak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi strategi umum

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Rabu (23/11/2016), menyebutkan bahwa penjualan ponsel rekondisi sudah menjadi strategi mainstream atau umum di pasar Amerika Serikat (AS).

Ke depannya, makin banyak operator seluler yang mengadopsi strategi ini di Eropa dan Asia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.