Facebook Mulai Siarkan Langsung Video 360 Derajat

Kompas.com - 13/12/2016, 15:32 WIB
ilustrasi Facebookilustrasi
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Facebook bakal merilis fitur live streaming atau siaran langsung video dalam format 360 derajat. Fitur ini akan dirilis secara bertahap, mulai untuk pemegang akun Facebook Page, hingga pengguna umum pada 2017 nanti.

Sebagai langkah awal, raksasa jejaring sosial tersebut akan melakukan siaran 360 derajat perdana di Facebook Page milik National Geographic. Selanjutnya, dalam beberapa bulan berikutnya, akan mulai dibuka advance programming interface (API) untuk siaran langsung 360 derajat.

API ini merupakan protokol yang bisa dimanfaatkan oleh pengembang aplikasi atau siapa pun yang ingin melakukan siaran langsung 360 derajat, melalui kanal live video Facebook.

Setelah perilisan API ini, sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (13/12/2016), Facebook baru akan mulai merilis fitur siaran langsung 360 derajat ke seluruh penggunanya. Kemungkinan perilisan untuk publik baru dilakukan pada 2017.

Live video telah membuat orang bisa melihat segala sesuatu yang terjadi secara real time. Sedangkan video 360 akan memperlihatkan lebih banyak kesan pada penontonnya, membuat mereka seolah menjelajahi dan merasakan berdasarkan pengalaman sendiri. Sekarang kami mengombinasikan kedua format tersebut,” terang Product Manager Facebook, Supratnik Lahiri.

“Live 360 video akan bisa diakses oleh lebih banyak pengguna Pages melalui API yang dirilis beberapa bulan lagi. Sedangkan pengguna umum, akan mulai bisa merasakannya pada 2017,” imbuhnya.

Rencananya siaran langsung 360 perdana akan tayang di Facebook Pages milik National Geographics, pada Selasa (13/12/2016), pukul 3.00 sore Eastern Time atau Rabu (14/12/2016), pukul 03.00 dini hari WIB.

Siaran tersebut bakal menampilkan para ilmuwan peneliti Mars yang telah mengisolasi diri selama 80 hari di Mars Desert Research Facility Station, Utah, AS. Isolasi diri tersebut merupakan bagian dari simulai berbagai aspek kehidupan di Mars.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber TechCrunch
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X