Facebook Messenger Punya Filter "Selfie" ala Snapchat

Kompas.com - 16/12/2016, 15:10 WIB
Ilustrasi fitur baru di kamera Facebook Messenger. FacebookIlustrasi fitur baru di kamera Facebook Messenger.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi bahwa Facebook dan anak-anak perusahaannya (Instagram, WhatsApp) getol meniru aneka fitur dari layanan ephemeral messaging, Snapchat. Contohnya, fitur Messenger Day yang meniru Snapchat Stories.

Yang terbaru, minggu ini, raksasa jejaring sosial tersebut menambahkan aneka filter pada  gambar tangkapan kamera di aplikasi pesan instan Messenger.

Fitur tersebut mirip dengan “Lenses” pada Snapchat. Pengguna Messenger bisa menambahkan aneka efek visual berbasis augmented reality (mask) seperti topi, kacamata, dan lain-lain pada wajah hasil jepretan selfie, mencakup foto dan video.

Bermacam efek visual lain seperti frame, animasi teks, emoji, dan stiker ke dalam gambar yang ditangkap melalui kamera built-in di aplikasi Messenger.

Ada juga “filter seni” mirip Prisma yang bisa mengubah gambar supaya tampak seperti lukisan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (16/12/2016).

Fitur baru ini rencananya akan disalurkan melalui update Messenger secara bertahap untuk menyambut musim liburan akhir tahun ini.

Facebook diketahui pernah berupaya membeli Snapchat senilai 3 miliar dollar AS pada 2013, namun pinangan tersebut ditolak.

Baca: Jejak Facebook Messenger Mencontek Snapchat

Semenjak itu, Facebook berupaya meniru Snapchat supaya lebih dekat dengan audiens berusia muda.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber The Verge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X