Cerita Kota Kecil di China dengan Julukan "iPhone City"

Kompas.com - 01/01/2017, 19:03 WIB
Zhengzhou, China. New York TimesZhengzhou, China.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Foxconn, pabrik rekanan Apple di China yang merakit iPhone, beberapa kali tersandung kasus hukum karena dianggap memperlakukan pekerjanya secara tidak pantas. Di tengah kontroversi tersebut, ada secercah kontribusi Foxconn yang tak bisa dielakkan.

Foxconn telah memberikan kehidupan bagi Zhengzhou, kota kecil di mana Foxconn berdiri. Tak berlebihan jika Zhengzhou disebut sebagai "iPhone City".

Bagaimana tidak, Foxconn tiap harinya memproduksi rata-rata 500.000 unit iPhone. Karenanya, pabrik Foxconn membutuhkan sekitar 300.000 pekerja yang notabene adalah penduduk Zhengzhou.

Jumlah itu akan bertambah pada waktu-waktu tertentu, yakni ketika Apple hendak merilis iPhone baru. Biasanya penambahan orang mulai dilakukan beberapa bulan sebelum iPhone teranyar dirilis, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (1/1/2017) dari laporan New York Times.

Dari total penduduk Zhengzhou yang berkisar 6 jutaan, 300.000-an penduduk bergantung hidup dari pabrik Foxconn. Jumlah itu berkontribusi pada perputaran duit di kota kecil yang terletak di Provinsi Henan, China Tengah tersebut.

Menurut hasil wawancara New York Times ke lebih dari 100 orang pekerja pabrik, bagian logistik, sopir truk, spesialis pajak, hingga mantan eksekutif Apple, perputaran duit dari produksi iPhone di Zhengzhou bisa mencapai miliaran dollar AS, meski tak disebutkan secara spesifik.

Baca: iPhone 7 Emas Bergambar Donald Trump Dijual Rp 2 Miliar

NY Times Asrama bagi karyawan Foxconn yang mengerjakan iPhone, berdiri di atas pusat perbelanjaan di Zhengzhou, China.

Simbiosis mutualisme

Penduduk Zhengzhou pun sulit menjadi pengangguran karena Foxconn menyediakan begitu banyak pekerjaan. Orang-orang bisa dengan mudah datang ke pabrik dan mendapat kerja.

Potensi ini didukung oleh pemerintah daerah. Sebagai balasan atas kontribusi pajak daerah yang disetor Foxconn, pemerintah memberikan 1,5 miliar dollar AS atau setara Rp 20 triliun kepada Foxconn.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X