Mengenang Pendiri Situs Reddit yang Memilih Mengakhiri Hidupnya

Kompas.com - 15/01/2017, 19:20 WIB
Aaron Swartz  dikenal perancang RSS dan aktivis internet yang memperjuangkan hak akses publik terhadap informasi digital.? DailydotAaron Swartz dikenal perancang RSS dan aktivis internet yang memperjuangkan hak akses publik terhadap informasi digital.?
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Empat tahun yang lalu, Aaron H. Swartz ditemukan meninggal dunia di apartemen miliknya di New York, Amerika Serikat. Dia mengakhiri nyawa dengan cara gantung diri, Jumat (11/1/2013). (Baca: Pendiri Situs Reddit Ditemukan Tewas)

Swartz, si pria muda yang kala itu berusia 26 tahun, bukan orang sembarangan di dunia teknologi informasi. Sepanjang hidupnya yang relatif singkat dia sudah membuat sejumlah pencapaian besar, mendirikan situs Reddit dan menggagas teknologi sindikasi Really Simple Syndication (RSS).

Dia juga dikenal sebagai aktivis internet yang memperjuangkan hak akses publik terhadap informasi digital, seperti dirangkum KompasTekno dari berbagai sumber, Minggu (15/1/2017).

Aaron Swartz lahir di kota Chicago, Illinois, pada 8 November 1986 dari pasangan Susan dan Robert Swartz. Sebagai anak dari dari seorang pendiri perusahaan software, dia sudah mengenal komputer dan internet sejak kecil.

Dari masih kanak-kanak, kepintaran serta kegelisahaan Aaron tentang dunia telah mulai tampak.

Menginjak umur 14 tahun, Swartz yang mengenyam pendidikan formal di sebuah sekolah swasta menjadi bagian dari tim yang menciptakan spesifikasi RSS (rich site summary/really simple syndication), yang hingga kini digunakan secara luas untuk berlangganan konten di internet.

Sempat masuk ke Universitas Stanford, Swartz keluar hanya setahun setelah menduduki bangku kuliah karena tidak betah. Dia kemudian menjadi salah satu anggota tim awal situs social news Reddit.

Situs ini lalu dibeli oleh Condé Nast Publications yang merupakan pemilik majalah Wired menjelang akhir 2006. Jadilah Swartz mandiri secara finansial beberapa hari sebelum usianya mencapai 20 tahun.

Pria yang kerap tampil dengan rambut gondrong sebahu ini lantas pindah ke San Francisco, AS untuk bekerja di perusahaan barunya. Akan tetapi, lagi-lagi dia merasa tak kerasan dan memutuskan keluar pada awal tahun 2007.

Baca juga: Cerita Mahasiswa Asal Boyolali Magang di Silicon Valley

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X