Kompas.com - 07/02/2017, 12:05 WIB
Menkominfo Rudiantara saat menghadiri pameran fotografi Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comMenkominfo Rudiantara saat menghadiri pameran fotografi
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan akan membuka lelang frekuensi 2.100 MHz dan 2.300 MHz dalam waktu dekat, yang pasti di rentang semester pertama 2017.

Frekuensi 2.300 MHz saat ini memiliki sisa kosong sebanyak 30 MHz. Namun pada lelang yang akan dibuka tahun ini, menurut Rudiantara, pemerintaha hanya menawarkan 15 MHz saja. Sementara itu, di frekuensi 2.100 MHz akan disediakan dua blok tambahan, masing-masing 5 MHz.

“Kita jadi akan mengadakan lelang frekuensi 2.100 MHz dan 2.300 MHz. Rencananya akan dibuka di sekitar semester pertama tahun ini,” ujarnya saat ditemui KompasTekno usai pembukaan pameran fotografi “Unpublish” di Jakarta, Senin (6/2/2017) malam.

Pembukaan lelang kedua frekuensi tersebut akan dilakukan terbatas hanya untuk operator yang sudah beroperasi sekarang. Tujuan lelang sendiri sebagai solusi untuk mengurai kepadatan lalu lintas telekomunikasi yang terjadi di kota besar.

Baca: Telkomsel Minta Tambahan Frekuensi, Ini Jawaban Pemerintah

“Lelang ini akan menambahkan 2.100 MHz untuk industri dan 2.300 MHz untuk mengurai congestion yang dialami operator exsisting karena masalah kapasitas. Congestion ini terutama terjadi di kota besar, seperti Jakarta,” terangnya.

“Kami tidak berniat membuka lelang ini sebagai cara perluasan coverage operator. Lagipula frekuensinya kan tinggi, coverage-nya terbatas,” imbuh Rudiantara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekadar diketahui, saat ini frekuensi 2.100 MHz memiliki spektrum selebar 60 MHz. Pengisi frekunsi tersebut adalah Tri di blok 1 dan 2, Telkomsel di blok 3, 4, dan 5, Indosat Ooredoo di blok 6 dan 7, dan XL Axiata di blok 8, 9, dan 10.

Sedangkan yang akan dilelang adalah blok 11 dan 12, yakni sisa frekuensi milik Axis yang telah dikembalikan kepada pemerintah.

Sementara itu, di frekuensi 2.300 MHz terdapat lebar frekuensi 90 MHz. Frekuensi ini digunakan oleh Smartfren sebesar 30 MHz, dan beberapa pemain broadband wireless access (BWA) seperti Internux (Bolt) dan Berca Hardayaperkasa.

Baca: Indosat Berminat Ikut Lelang Frekuensi 2.100 MHz dan 2.300 MHz

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.