Kompas.com - 21/02/2017, 19:13 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Jika merujuk pada kebiasaan, tahun ini semestinya Google merilis sistem operasi Android baru dengan nama awalan O. Embel-embel "O" merujuk pada urutan abjad setelah "N" yang notabene merupakan nama kode Android keluaran 2016 lalu.

"N" itu kemudian menjadi "Nougat" ketika dirilis resmi. Google memang dikenal selalu memilih jenis kudapan manis untuk menamai sistem operasi mobile-nya itu.

Nah, dengan nama kode "O", kira-kira apa nama komersil sistem operasi Android selanjutnya? Senior VP of Android, Hiroshi Lockheimer, seakan mengindikasikan sesuatu lewat GIF yang diunggah ke akun Twitter-nya @lockheimer.

GIF itu menunjukkan kue yang terbuat dari susunan Oreo, sebagaimana dilaporkan TrustedReview dan dipantau KompasTekno dari Twitter, Selasa (21/2/2017).

Apakah ini berarti Android O akan diresmikan sebagai Android Oreo? Belum ada yang bisa memastikan.

Saat masih menyandan nama kode Android N, banyak orang berspekulasi bahwa "N" bakal jadi New York Cheesecake, Nutella, hingga Neyyapam.

Google bahkan sampai menggelar sayembara khusus untuk mendapatkan masukan ide nama. Akhirnya, nama yang diusung adalah Nougat.

Nougat adalah kudapan manis yang terbuat dari bahan gula, madu, kacang panggang, telur putih dan kadang juga disertai dengan buah-buahan kering.

Baca: Menjajal ZenFone 3 dengan Android Nougat

Nama-nama resmi Android sebelumnya juga selalu terkait dengan makan ringan, yakni Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0-2.1), Froyo (2.2-2.2.3), Gingerbread (2.3-2.3.7), Honeycomb (3.0-3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0-4.0.4), Jelly Bean (4.1-4.3), KitKat (4.4), Lollipop (5.0), dan Marshmallow (6.0).

Jika berkaca pada tahun lalu, Google semestinya memperkenalkan Google O pada Maret tahun ini. Lantas versi finalnya diresmikan pada pertengahan atau akhir 2017. Kita tunggu saja.

Baca: Daftar Smartphone yang Bisa Jajal Android 7.1 Nougat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.