Ponsel Rp 500.000-an Qualcomm Pakai Android dan Bisa WhatsApp

Kompas.com - 28/02/2017, 16:44 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

BARCELONA, KOMPAS.com - Meskipun termasuk kategori feature phone, namun feature phone 4G buatan Qualcomm diklaim bakal mengusung sistem operasi Android, dan bisa menjalankan beberapa aplikasi chatting populer, seperti BBM dan WhatsApp.

Hal ini diungkap oleh Country Director Qualcomm Indonesia, Shannedy Ong, Selasa (28/2/2017) ketika dijumpai jurnalis KompasTekno, Deliusno di sela gelaran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona,

"Nantinya ada tiga aplikasi yang tersedia, yakni BBM, WhatsApp, dan Facebook," kata Shannedy.

Baca: Qualcomm Siap Jual Ponsel 4G Rp 500.000 di Indonesia
 
Ya, pengguna nantinya tak hanya bisa menjalankan fungsi dasar telepon dan SMS saja di ponsel yang rencananya bakal dijual Rp 500.000-an ini, melainkan juga berselancar (browsing) di dunia maya dan juga chatting.

Namun, jumlah aplikasi yang bisa dipasang di feature phone berkode IQ100 buatan Qualcomm itu tidak bisa ditambah, karena memori yang dimiliki ponsel terbatas.

IQ100 yang saat ini masih berupa produk purwarupa itu bakal menjalankan sistem operasi Android KitKat atau setidaknya Lollipop. OS tersebut tentunya akan banyak dimodifikasi agar bisa tetap hadir sebagai feature phone.

"Google Play akan dikunci. Pengguna juga tidak bisa update lebih dari Android Lolipop karena versi yang lebih baru menghabiskan lebih banyak memori," imbuh Shannedy.

Qualcomm belum banyak memberikan detail spesifikasi IQ100. Namun ponsel ini dikatakan bakal mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 200 dengan bentang layar 2,4 hingga 2,8 inci. 

Shannedy juga tidak bisa membeberkan kapan feature phone ini hadir di pasar Indonesia. Akan tetapi, Qualcomm sudah memiliki waktu pasti kehadiran prototipe produk.

"Sekitar bulan Maret seharusnya sudah ada working product," pungkas Shannedy.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.