Kompas.com - 10/03/2017, 15:28 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Dua seri Zenfone 3, ZE520KL dan ZE552KL, kebagian update Android 7.0 "Nougat". Pembaruan tersebut juga sudah dikirimkan ke sejumlah pengguna di Indonesia.

Asus sebenarnya sudah mengirimkan pembaruan sistem operasi tersebut ke Zenfone 3 versi Deluxe, yang memiliki banderol Rp 9 juta hingga Rp 11 juta. Meski begitu, Zenfone 3 kelas menengah yang notabene lebih banyak beredar, masih belum mendapatkan kabar, setidaknya hingga saat ini.

Perusahaan asal Taiwan tersebut kemudian baru mengirimkan pembaruan Nougat ke dua seri Zenfone 3 yang disebut di atas.

Zenfone 3 ZE520KL dibekali dengan layar 5,2 inci Full HD, chipset Snapdragon 625, RAM 3/4 GB, dan media penyimpanan 32 GB.

Sementara itu, Zenfone 3 dibekali layar 5,5 inci Full HD, chipset Snapdragon 625, RAM 4 GB, dan media penyimpanan 64 GB.

Selain memperbarui software ke Nougat, Asus memberikan beberapa penambahan sendiri. Sebagai contoh, beberapa aplikasi dan shortcut yang berulang, seperti PC Suite, akan dihilangkan.

Baca: Kapan ZenFone AR dan ZenFone 3 Zoom Dijual di Indonesia?

Ada juga pembaruan di sisi tampilan. Kini, pilihan suara untuk ringtone dan notifikasi akan dipisah. Pembaruan juga meningkatkan kemampuan sentuhan dan beberapa penyetelan untuk penggunaan yang lebih baik.

Update itu sendiri telah dikirimkan secara over-the-air (OTA). Proses pengiriman update, terutama di Indonesia, sudah dimulai pekan lalu dan dijanjikan akan selesai dalam satu pekan ini.

Notifikasi update sendiri akan tampil secara otomatis di layar perangkat masing-masing. Namun, jika tidak muncul, Anda bisa memeriksanya secara manual melalui pengaturan (menu Settings) update.

Satu hal yang harus diingat, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Jumat (10/3/2017), update tersebut membutuhkan sisa media penyimpanan sebesar 1,5 GB.

Baca: Menjajal ZenFone 3 dengan Android Nougat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.