Kompas.com - 15/03/2017, 07:49 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Apple diketahui sedang menguji empat tipe iPad Pro di San Francisco dan Cupertino. Informasi ini diketahui dari data milik perusahaan iklan mobile Fiksu.

Fiksu memang memanfaatkan analisa big data dalam menawarkan iklan mereka. Salah satu caranya adalah memakai kode pelacak yang dipasang dalam ribuan aplikasi untuk mengambil data tertentu.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (13/3/2017), bisa jadi salah satu dari aplikasi yang dipasang dan dipakai untuk menguji iPad Pro baru itu memiliki kode pelacak milik Fiksu.

Akibatnya, mesin milik Fiksu bisa mengendus, ada pengakses yang menggunakan iPad Pro versi terbaru. Data mentah mengenai tipe perangkat tersebut juga terkuak.

Total ada empat tipe iPad Pro berbeda yang muncul dalam data milik Fiksu, yakni 7,1; 7,2; 7,3; dan 7,4. Sistem operasi yang dipakai pun berbeda, ada yang masih iOS 10.3 beta, ada juga yang iOS 11.

Kendati terlihat empat kode nama, tak berarti Apple pasti meluncurkan empat tipe iPad Pro. Pasalnya data Fiksu masih mentah, tidak merinci kode unik perangkat. Jadi, bisa saja iPad Pro yang diluncurkan hanya dua atau tiga tipe saja.

Sebelumnya, analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo memprediksi bahwa Apple akan merilis tiga iPad Pro baru. Masing-masing berupa iPad Pro 10,5 inci, iPad Pro 12,3 inci, serta iPad Pro 9,7 inci yang bakal dijual lebih murah.

Baca: Diservis di Sembarang Tempat, Garansi iPhone dan iPad Tidak Hangus

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.