Kompas.com - 27/05/2017, 10:46 WIB
Layar raksasa di Apple Store Singapura Reska K. Nistanto/KOMPAS.comLayar raksasa di Apple Store Singapura
|
EditorDeliusno

SINGAPURA, KOMPAS.com - Apple resmi membuka Apple Store di Singapura, Sabtu (27/5/2017). Toko yang dikelola langsung secara resmi oleh Apple itu berada di pusat perbelanjaan prestisius, Orchard Road.

Oleh karena itulah, Apple memberi nama resmi toko fisik di Singapura ini dengan nama Apple Orchard Road. Tulisan "Apple Orchard Road" berwarna putih terpatri di dinding depan toko Apple pertama di Singapura, sekaligus di Asia Tenggara itu.

Memberi nama Apple Store sesuai lokasi tempatnya memang telah menjadi tradisi baru bagi Apple. Contohnya adalah Apple Union Square yang berada di pusat kota San Francisco dan Apple Fifth Avenue yang ada di New York.

Penggunaan nama Apple Orchard Road ini juga sejalan dengan strategi baru Apple, yakni menghilangkan kata "Store" di setiap toko-tokonya. Hal ini juga dipandang Apple sebagai penyederhanaan.

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Apple Orchard Road, nama resmi Apple Store di Singapura
Sebelumnya, nama-nama toko gadget Apple ini menyandang kata Store di belakangnya, diikuti dengan lokasi toko tersebut berada.

Baca: Toko Apple Tak seperti Dulu

Dengan kata lain, jaringan toko resmi Apple kini hanya bernama "Apple". Hal ini telah dilakukan Apple semenjak Agustus 2016 lalu, saat pembukaan Apple World Trade center di New York.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Pengunjung menjajal tablet iPad di Apple Store Singapura, saat resmi dibuka Sabtu (27/5/2017).
Rebranding jaringan ritel ini sebenarnya sudah terlihat di setiap situs Apple yang mewakili toko Apple, meski masih butuh waktu sampai semua toko yang tersebar di berbagai penjuru dunia mengikutinya.

Apple kabarnya sudah mengirim e-mail berisi pemberitahuan soal rebranding tersebut ke semua pegawai.

Isi toko Apple sendiri tetap tak berubah. Para pegawai tetap memakai baju seragam berwarna biru dengan logo Apple.

Beberapa toko mengusung konsep berbeda, misalnya toko Apple Union Square di kota San Francisco, AS, yang menyediakan aneka fasilitas lain di samping menjual iPhone, iPad, dan Mac.

Begitu pula Apple Orchard Road ini, yang menyediakan ruang di lantai dua untuk memberikan workshop dan aneka kegiatan yang diajar oleh pelaku kreatif di Singapura.

Baca: Apple Store Singapura Resmi Dibuka Hari Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.