Ungguli Apple, Xiaomi Kuasai Pasar Gadget "Wearable"

Kompas.com - 12/06/2017, 19:47 WIB
Sabuk Nylon band untuk Apple Watch yang diperkenalkan dalam acara hari Senin (21/3/2016) tersedia dalam sejumlah pilihan warna AppleSabuk Nylon band untuk Apple Watch yang diperkenalkan dalam acara hari Senin (21/3/2016) tersedia dalam sejumlah pilihan warna
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Industri wearable menunjukkan peningkatan minat pasar pada kuartal pertama 2017. Selama tiga bulan pertama tahun ini, para vendor menjual tak kurang dari 24,7 juta perangkat wearable.

Angka itu naik 17,9 persen dari kuartal pertama 2016, di mana para vendor hanya menjual 20,9 juta perangkat wearable. Setidaknya begitu menurut laporan terbaru dari firma penelitian International Data Corporation (IDC).

Lebih lanjut, dua vendor yang mendominasi pasar adalah Xiaomi dan Apple. Xiaomi sendiri unggul tipis atas Apple, sebagaimana terlampir pada laporan IDC yang dihimpun KompasTekno, Senin (12/6/2017).

Xiaomi menjual 3,6 juta wearable sepanjang kuartal pertama 2017 dengan raihan pangsa pasar 14,7 persen. Sejatinya, angka itu menurun 3,3 persen dari penjualan 3,8 juta unit wearable pada kuartal yang sama tahun lalu.

Peningkatan signifikan ditunjukan Apple dengan persentasi pertumbuhan 64,1 persen. Pabrikan Cupertino itu juga menjual 3,6 juta unit wearable pada kuartal ini, sementara sebelumnya cuma 2,2 juta. Pangsa pasar Apple sendiri pada kuartal pertama 2017 mencapai 14,6 persen.

IDC Laporan industri wearable pada kuartal pertama 2017

Peralihan ke smartwatch

Menurut IDC, minat pasar berangsur beralih dari wearable berjenis fitness band ke smartwatch. Fenomena ini menjadi kesempatan emas bagi Xiaomi dan Apple untuk merebut posisi produsen fitness band Fitbit yang sebelumnya menguasai pasar wearable.

“Xiaomi kuat dengan perangkat wearable murah di pasar China dan Apple bisa memperbesar skalanya untuk smartwatch di pasar global,” kata tim peneliti IDC, Ramon Llamas.

Di bawah Xiaomi dan Apple, Fitbit masih memegang peran di posisi ketiga. Fitbit menjual 3 juta unit wearable sepanjang kuartal pertama 2017.

Angka itu menurun drastis sebanyak 37,7 persen dari penjualan 4,9 juta unit wearabel pada 2016. Selanjutnya, di posisi keempat dan kelima ada Samsung dan Garmin yang masing-masing menjual 1,4 juta dan 1,1 juta unit wearable dalam tiga bulan terakhir.

Penjualan wearable Samsung meningkat paling masif, yakni mencapai 90,8 persen dari penjualan 0,7 juta unit wearable pada tahun sebelumnya. Garmin menanjak pelan dengan peningkatan 1,6 persen dari penjualan sebelumnya.

Baca: Ini Dia, Harga Resmi Xiaomi Mi Band 2

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber IDC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X