Bisa Nonton YouTube Tanpa Internet Saat Mudik, Begini Caranya

Kompas.com - 21/06/2017, 15:54 WIB
Logo YouTube GoogleLogo YouTube
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Perjalanan pulang ke kampung halaman atau mudik terkadang bisa sangat membosankan, terlebih jika melalui jalur darat. Kepadatan lalu lintas di beberapa titik tertentu, bisa menyebabkan waktu tempuh perjalanan meningkat hingga berjam-jam lebih lama.

Sebenarnya, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan dalam waktu tersebut. Salah satunya adalah menonton video lewat layanan streaming, seperti YouTube.

Menonton melalui layanan Google tersebut membutuhkan internet atau paket data. Meski begitu, sebagian video yang ada di YouTube ternyata bisa disimpan atau di-download.

Di samping itu, koneksi internet di sepanjang jalur musik juga tidak bisa diprediksi jika lalu-lintas ramai. Video YouTube bisa tersendat-sendat. Tentu hal ini bisa mengganggu.

Dengan cara men-download video YouTube ini, Anda bisa menghemat paket data. Baterai juga bisa dihemat karena tidak ada konsumsi daya tambahan untuk streaming video.

Layanan YouTube Offline tersedia mulai tahun 2014 lalu. Fitur ini mengizinkan pengguna Android dan iOS untuk menyimpan video YouTube ke perangkat untuk ditonton nantinya.

Baca: Di Indonesia, YouTube Bisa Diputar Offline

Video yang ada bisa diunduh menggunakan jaringan seluler atau Wi-Fi. Sangat disarankan untuk mengunduh menggunakan jaringan Wi-Fi dengan internet unlimited. Pasalnya, video yang ada biasanya memiliki ukuran yang cukup besar.

Meski begitu, tidak semua video yang ada di YouTube bisa disimpan secara offline. Menurut pantauan KompasTekno, video-video klip musik terbaru potongan film dari studio besar misalnya, tidak bisa diunduh.

Lantas, bagaimana cara mengunduh video di YouTube?

Langkah pertama, tentunya adalah dengan membuka aplikasi YouTube di smartphone atau tablet berbasis Android atau iOS.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X