Kompas.com - 21/07/2017, 13:46 WIB
Gambar rekayasa digital iPhone 8. IstGambar rekayasa digital iPhone 8.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sejak pertama diperkenalkan pada iPhone 5S, sensor pemindai sidik jari Touch ID selama ini selalu digabungkan dengan tombol home.

Namun, iPhone 8 yang akan datang diperkirakan bakal mengusung desain bezel-less di mana hampir seluruh bagian mukanya tertutup oleh layar.

Kalau memang demikian, maka tak bakal ada tempat untuk menaruh tombol home dan Touch ID di sisi depan iPhone 8. Lantas di mana letak pemindai sidik jari pada iPhone yang akan datang tersebut?

Rumor terbaru menyebutkan bahwa iPhone 8 akan tetap dibekali Touch ID, setelah sebelumnya disebutkan bakal membuang fitur itu. Tapi lokasinya dipindah jadi menyatu dengan tombol power di sisi samping perangkat. Lokasi itu tidak biasa, mengingat sebelumnya Apple selalu menaruh pemindai itu di tombol home.

Bocoran gambar render komputer dari iPhone 8 yang memperlihatkan ukuran tombol power lebih besar dari biasanya.Forbes Bocoran gambar render komputer dari iPhone 8 yang memperlihatkan ukuran tombol power lebih besar dari biasanya.
Kesimpulan tersebut diperoleh setelah Forbes memperoleh bocoran berupa gambar rendering komputer (CAD) dari iPhone 8. Salah satu angle memperlihatkan ukuran tombol power iPhone 8 yang bertambah besar dibandingkan model sebelumnya.

Sementara, berdasar bocoran gambar render, di bagian punggung iPhone 8 tak tampak adanya pemindai sidik jari. Sementara Apple kabarnya masih kesulitan menanam fingerprint scanner di balik kaca panel display di sisi depan.

Apple sendiri diketahui telah memperoleh paten untuk Touch ID yang didesain ulang untuk gadget mobile yang punya layar besar tapi tidak memiliki tombol home.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Forbes, Jumat (21/7/2017), dalam paten diterangkan bahwa pemindai sidik jari disatukan dengan tombol power.

Sebelumnya, pabrikan lain, yakni Sony, sudah lebih dulu menerapkan tombol daya yang  merangkap sebagai pemindai sidik jari pada seri ponsel Xperia besutannya.

Baca: iPhone 8 Dua Kali Lebih Mahal dari iPhone 7?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.