Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokasi Pemindai Sidik Jari iPhone 8 Bakal Tidak Biasa?

Kompas.com - 21/07/2017, 13:46 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Sejak pertama diperkenalkan pada iPhone 5S, sensor pemindai sidik jari Touch ID selama ini selalu digabungkan dengan tombol home.

Namun, iPhone 8 yang akan datang diperkirakan bakal mengusung desain bezel-less di mana hampir seluruh bagian mukanya tertutup oleh layar.

Kalau memang demikian, maka tak bakal ada tempat untuk menaruh tombol home dan Touch ID di sisi depan iPhone 8. Lantas di mana letak pemindai sidik jari pada iPhone yang akan datang tersebut?

Rumor terbaru menyebutkan bahwa iPhone 8 akan tetap dibekali Touch ID, setelah sebelumnya disebutkan bakal membuang fitur itu. Tapi lokasinya dipindah jadi menyatu dengan tombol power di sisi samping perangkat. Lokasi itu tidak biasa, mengingat sebelumnya Apple selalu menaruh pemindai itu di tombol home.

Bocoran gambar render komputer dari iPhone 8 yang memperlihatkan ukuran tombol power lebih besar dari biasanya.Forbes Bocoran gambar render komputer dari iPhone 8 yang memperlihatkan ukuran tombol power lebih besar dari biasanya.
Kesimpulan tersebut diperoleh setelah Forbes memperoleh bocoran berupa gambar rendering komputer (CAD) dari iPhone 8. Salah satu angle memperlihatkan ukuran tombol power iPhone 8 yang bertambah besar dibandingkan model sebelumnya.

Sementara, berdasar bocoran gambar render, di bagian punggung iPhone 8 tak tampak adanya pemindai sidik jari. Sementara Apple kabarnya masih kesulitan menanam fingerprint scanner di balik kaca panel display di sisi depan.

Apple sendiri diketahui telah memperoleh paten untuk Touch ID yang didesain ulang untuk gadget mobile yang punya layar besar tapi tidak memiliki tombol home.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Forbes, Jumat (21/7/2017), dalam paten diterangkan bahwa pemindai sidik jari disatukan dengan tombol power.

Sebelumnya, pabrikan lain, yakni Sony, sudah lebih dulu menerapkan tombol daya yang  merangkap sebagai pemindai sidik jari pada seri ponsel Xperia besutannya.

Baca: iPhone 8 Dua Kali Lebih Mahal dari iPhone 7?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com