Ratusan Video Langka NASA Kini Bisa Ditonton di YouTube

Kompas.com - 24/07/2017, 15:28 WIB
Uji coba modul pendarat di bulan, LLRV, dalam salah satu video arsip NASA yang diunggah ke YouTube. NASA/ YouTubeUji coba modul pendarat di bulan, LLRV, dalam salah satu video arsip NASA yang diunggah ke YouTube.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Armstrong Flight Research Center di lembaga antariksa Amerika Serikat (NASA) sedang dalam proses mengunggah ratusan video langka dan bersejarah ke YouTube.

Video-video dimaksud merekam berbagai macam uji coba alat, peluncuran dan pendaratan wahana, hingga aneka eksperiman mulai dari penerbangan pesawat hipersonik hingga modul pendarat di bulan.

Ada juga adegan-adegan dramatis seperti pesawat Boeing 720 yang sengaja dijatuhkan ke tanah dalam uji “Controlled Impact Test”.

Arsip video dikumpulkan dari kegiatan NASA selama beberapa dekade. Beberapa yang tertua berasal dari tahun 1940-an, seperti perakitan pesawat D-558 Skystreak pada 1947.

Baca: Sosok Bocah Ajaib yang Dipercaya NASA Kembangkan Drone

NASA mengunggah video ke YouTube dalam rangka mempermudah akses publik terhadap arsip digitalnya. Dengan begini, aneka kegiatan dan pencapaian lembaga antariksa itu bakal lebih mudah diketahui.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Motherboard, Senin (24/7/2017), sebanyak 300 klip sudah diunggah ke YouTube. Rencananya ada 500 klip video yang akan diunggah.

Sebelumnya, arsip-arsip video NASA hanya tersedia di situs Dryden Flight Research Center, nama sebelumnya dari Amstrong Flight Research Center hingga diganti pada 2014.

Kini ratusan video langka itu bisa disaksikan di kanal YouTube Armstrong Flight Research Center di tautan berikut ini. NASA turut menunggah arsip video yang sama ke situs resminya sebagai alternatif platform.

Berikut beberapa contoh video yang diunggah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.