1 Miliar Smartphone Bisa Ketularan Malware dari WiFi

Kompas.com - 31/07/2017, 06:55 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com -  Peneliti keamanan mengungkap adanya sebuah bug atau celah keamanan yang membuat 1 miliar smartphone, baik iOS atau Android, terancam disusupi serangan cyber. Bug itu disebut sebagai Broadpwn.

Informasi mengenai Broadpwn diungkap oleh peneliti keamanan dari Exodus Intelligence, Nitay Artenstein dalam konferenci keamanan Black Hat.

Menurut Nitay Arstenstein, bug tersebut spesifik ada di dalam chip WiFi buatan Broadcom, dan menular melalui jaringan WiFi. Arstenstein bahkan mendemonstrasikan bukti adanya bug tersebut di depan peserta konferensi.

“Melalui penelitian ini, kami ingin menunjukkan bagaimana serangan dan bug seperti itu bisa bekerja,” ujarnya.

Baca: Malware Ini Sembunyi di Play Store Selama Bertahun-tahun

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Ars Technica, Senin (31/7/2017), Nitay Arstenstein melakukan pengujian dengan cara menyebarkan gelombang berisi permintaan untuk menghubungkan perangkat kepada komputer terdekat.

Saat gelombang itu dipancarkan dan menjangkau sebuah perangkat genggam yang memakai chip Broadcomm tipe BCM43xx, maka otomatis terjadi serangan yang menulis ulang firmware pengendali chip WiFi itu.

Selanjutnya, chip yang sudah disusupi itu akan otomatis mengirim paket berisi program jahat dengan cara yang sama melalui gelombang di udara. Bila di dekatnya ada perangkat dengan bug serupa, maka perangkat tersebut akan langsung terjangkit dan menjari penyebar malware baru.

Dengan cara kerja seperti itu, malware bakal menyebar ke berbagai perangkat genggam dengan mudah dan memicu reaksi berantai.

“Broadpwn sepenuhnya dikendalikan dari jarak jauh untuk menyerang chip WiFi Broadcom seri BCM43xx. efeknya memungkinan sebuah kode berjalan secara otomatis di prosesor aplikasi utama iOS serta Android,” terang Nitey Arstenstein.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.