Kompas.com - 03/08/2017, 13:08 WIB
Ilustrasi: Facebook ReutersIlustrasi: Facebook
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sebanyak 40 persen dari pengunjung situs bakal kehilangan minat setelah tiga detik menunggu laman terbuka. Hal ini dipahami Facebook sehingga meningkatkan kinerja pada News Feed atau linimasa layanannya.

Layanan yang didirikan Mark Zuckerberg itu sesumbar bahwa pengguna tak perlu lagi menunggu lama untuk memuat alias loading tautan pada News Feed. Tak disebutkan kecepatannya bakal meningkat berapa persen.

Yang jelas, Facebook mengidentifikasi beberapa faktor yang membuat loading tautan pada News Feed terasa lama. Yang paling umum adalah kondisi jaringan selular pengguna dan kecepatan umum sebuah situs untuk merespons pengunjung.

Nah, dua masalah itu ditangani dengan strategi pengaturan News Feed oleh Facebook, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (3/8/2017), dari Newsroom Facebook.

Situs-situs yang berat akan ditunda kemunculannya pada News Feed pengguna ketika kondisi jaringannya tak mendukung. Sembari mendahulukan situs-situs yang ringan, Facebook bakal otomatis memuat situs-situs berat sebelum pengguna bertemu tautannya dan mengkliknya.

“Cara ini bisa mempersingkat waktu loading hingga 25 persen,” begitu tertera pada blog resmi Facebook.

Pembaruan ini bakal berlaku secara bertahap dalam beberapa bulan mendatang. Di satu sisi, pembaruan ini bisa membuat pengalaman pengguna Facebook lebih nyaman ketika menggulir News Feed.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tapi di sisi lain, ini bakal merugikan penyedia situs. Terlebih jika situs mereka memang menyimpan konten yang berat. Lantas, bagaimana solusinya?

Facebook mengajak para penyedia situs untuk meningkatkan performanya untuk versi mobile melalui beberapa tahap yang bisa diintip di tautan ini.

Baca: Berapa Banyak Orang Buka Facebook Tiap Hari?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.