Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Android Baru Lenovo Akan Pakai Android "Murni"

Kompas.com - 08/08/2017, 15:33 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Lenovo akan berhenti menggunakan tampilan antarmuka rancangannya, Vibe Pure UI di smartphone Android buatan mereka. Sebagai gantinya, semua smartphone bikinan perusahaan China itu ke depannya akan menjalankan Android "murni" atau stock Android.

Sebagian besar dari produsen smartphone berbasis Android memang menggunakan tampilan antarmuka buatan sendiri. Selain tampilan, produsen biasanya membekalinya dengan fitur dan aplikasi tambahan, yang membuat OS menjadi Android "custom".

Nah, Android "murni" atau stock merupakan OS bikinan Google tanpa adanya modifikasi dari pengembang Android. OS seperti ini biasanya bisa ditemukan di smartphone bikinan Google sendiri, yakni Pixel.

Lantas, apa asalan Lenovo memilih untuk menggunakan Android murni? Menurut Head of Marketing Lenovo India, Anuj Sharma, keputusan untuk menggunakan Android stock datang dari konsumen Lenovo sendiri.

Pengguna dikatakan Sharma lebih memilih Android murni dibandingkan Vibe Pure UI yang selama ini menghiasi smartphone Lenovo.

Baca: 8 Hal yang Perlu Diketahui Pengguna Android

Selain itu, penggunaan Android stock juga memungkinkan Lenovo untuk cepat memperbarui OS ke Android O saat dirilis nanti, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Selasa (8/8/2017).

Produsen smartphone biasanya memang butuh waktu lebih lama untuk menyebar versi Android baru ke smartphone mereka yang beredar. Produsen harus melihat, apakah Android versi baru itu cocok dengan tampilan antarmuka yang dibikinnya atau tidak.

Lenovo sendiri akan mulai menjalankan rencana Android murni mulai dari smartphone K8 Note.

Keputusan untuk menggunakan Android murni ini mirip seperti yang dijalankan Motorola, anak usaha Lenovo. Semua perangkat Motorola sudah menggunakan Android murni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com