CEO BlackBerry Bicara soal Kesadaran Keamanan Cyber Orang Indonesia

Kompas.com - 11/08/2017, 14:32 WIB
Ilustrasi pencurian data di Internet hackronomicon.comIlustrasi pencurian data di Internet
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO BlackBerry, John Chen, tengah mempelajari pasar berikut persyaratan untuk mengembangkan bisnis software keamanan yang menyasar segmen enterprise di Indonesia. Menurut pantauannya sejauh ini, perhatian Indonesia terhadap keamanan cyber masih kurang.

“Yang saya temukan selama dua hari terakhir, perhatian terhadap keamanan di Indonesia tak tinggi,” kata dia, Kamis (10/8/2017), usai mengisi acara bertajuk “Inspirato” di Jakarta.

Ia menegaskan bahwa pendapatnya itu bukan berdasarkan pembelajaran yang serius dan mendalam, melainkan hanya dari kesannya di permukaan. Terlepas dari itu, John Chen yakin nantinya sistem keamanan cyber akan lebih diperhatikan.

“Indonesia biasanya lambat beradaptasi, namun cepat mengejar ketinggalan. Saya pikir pasar Indonesia akan segera menyoroti pentingnya keamanan dan bakal banyak permintaan,” ia menjelaskan.

Baca: Kunjungi Kominfo dan Istana, Apa Hasil Diskusi CEO BlackBerry?

“Kami siap masuk di dalamnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, John Chen mengimbau masyarakat agar lebih memperhatikan keamanan cyber. Ia menjabarkan beberapa konsekuensi jika ranah maya tak lagi aman di era digital seperti sekarang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Smartphone Anda di masa depan sudah mewakili identitas dan data Anda. Transaksi perbankan, catatan medis, lokasi, kontak, informasi keluarga, kartu identitas, paspor, semuanya akan terekam secara online dan menjadi bagian hidup Anda,” tuturnya.

Tanggapan positif pemerintah Indonesia

John Chen pada Rabu (9/8/2017) bertandang ke Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk membicarakan niatan bisnis enterprise-nya di Indonesia. Selanjutnya, pada Kamis (10/8/2017), John Chen juga bersilaturahmi ke Istana Negara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.