Meluncur Berbarengan dengan Gerhana Matahari, Apa Nama Android O?

Kompas.com - 19/08/2017, 13:00 WIB
Hitung mundur menuju gerhana matahari total tanggal 21 Agustus di situs Google, sekaligus menuju peluncuran resmi Android O. TechRadarHitung mundur menuju gerhana matahari total tanggal 21 Agustus di situs Google, sekaligus menuju peluncuran resmi Android O.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Hari Senin, tanggal 21 Agustus mendatang, gerhana matahari total akan menyapu wilayah Amerika Serikat untuk pertama kalinya sejak tahun 1918. Momen bersejarah ini rupanya ikut dimanfaatkan oleh Google untuk meresmikan sistem operasi mobile terbarunya, Android O.

Raksasa internet tersebut membuka sebuah situs web baru berisi hitung mundur menuju gerhana matahari total di Amerika Serikat.

Android O akan mendarat bersama dengan gerhana matahari total dan membawa sejumlah kekuatan baru yang manis!” tulis Google dalam laman yang bersangkutan.

Situs web itu akan turut menayangkan dua event di hari yang sama, yakni live streaming gerhana matahari total dari NASA di kota New York, pukul 12.00 siang waktu setempat. Kemudian dilanjutkan perkenalan resmi Android O di kota yang sama, pukul 14.30 waktu setempat.

Ada juga sejumlah informasi lain seperti jadwal kedatangan gerhana matahari total di kota-kota besar di Amerika Serikat dan proyek Eclipse Megamovie yang mengajak para penonton gerhana di seantero Amerika untuk bersama-sama mengabadikan peristiwa tersebut.

Bagaimana dengan Android O? Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Pocket Lint, Sabtu (19/8/2017), sistem operasi mobile tersebut sejauh ini masih berada dalam tahap developer beta.

Julukannya pun masih belum diketahui. Ada beberapa nama yang diduga akan dipilih oleh Google, antara “Oatmeal Cookie”, “Orange Julius”, hingga “Orange Sherbert”.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menilik sejarah Google, ada kemungkinan Android O akan bernama “Oreo” lewat cross licensing dengan pemilik brand kue tersebut. Hal serupa pernah dilakukan Google lewat Android Kitkat. Terlebih, bentuk bundar gerhana matahari total agaknya bersesuaian dengan biskuit manis yang populer itu.

Baca: Menebak Nama Resmi Android O

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.