Dinilai Sudah Usang, 36.000 Smartphone Nokia Diganti iPhone

Kompas.com - 29/08/2017, 13:46 WIB
Microsoft Lumia 830. ist.Microsoft Lumia 830.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Kepolisan kota New York (NYPD) di Amerika Serikat mungkin merasa gondok usai membeli 36.000 unit smartphone Nokia untuk para petugas di lapangan.

Pasalnya, Microsoft menghentikan dukungan untuk sistem operasi Windows 8.1 di ponsel Nokia itu pada 11 Juli lalu. Puluhan ribu handset Nokia tipe Lumia 830 dan Lumia 640 XL milik NYPD pun mendadak usang.

NYPD membeli smartphone Nokia sebagai bagian dari program pengadaan Mobility Initiative senilai 160 juta dollar AS, untuk dipakai menjalankan berbagai macam aplikasi khusus petugas polisi.

Ponsel-ponsel tersebut baru saja rampung diserahkan pada 2016, lebih kurang setahun sebelum Microsoft menyetop dukungan terhadap Windows Phone 8.1, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari New York Post, Selasa (29/8/2017).

Ribuan smartphone yang bersangkutan sebenarnya bisa saja diperbarui ke OS Windows 10, tapi NYPD agaknya tak melihat ada prospek jangka panjang dalam hal ini dan telah memutuskan untuk mengganti ke-36.000 ponsel Nokia dengan iPhone.

Langkah NYPD memakai Windows Phone yang tidak populer dibanding Android dan iOS sempat menyita perhatian publik lantaran masa depan platform tersebut tidak jelas.

Namun, wakil komisioner bidang TI NYPD, Jessica Tisch, ngotot memilih Windows Phone karena NYPD juga memakai software Microsoft untuk menjalankan kamera pengawas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak diketahui apakah kerja NYPD bisa lebih lancar karena semua perangkatnya memakai software Microsoft.

Yang jelas, sepanjang kiprahnya yang seumur jagung, ponsel-ponsel Nokia mempermudah para petugas polisi dalam melakukan tugas, termasuk melakukan pencarian di database, membuat laporan, dan menerima peringatan di lapangan lewat aplikasi-aplikasi custom made untuk Windows 8.1.

Baca: Resmi, Android Nokia 8 Diperkuat Lensa Carl Zeiss dan Snapdragon 835

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.