Xiaomi Rilis Aplikasi Kalkulator Gratis di Android, Apa Istimewanya?

Kompas.com - 05/09/2017, 08:59 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Xiaomi merilis aplikasi kalkulator bernama Mi Calculator untuk Android. Apa keistimewaan kalkulator tersebut dibandingkan dengan aplikasi sejenis?

Mi Calculator sejatinya merupakan aplikasi kalkulator yang dibuat untuk perangkat Xiaomi atau Android yang menjalankan Mi UI. Perilisan ini menghapus batas tersebut.

Sekarang pengguna sistem operasi Android, minimal seri Jelly Bean 4.1, bisa mengunduh Mi Calculator dan memakai seluruh fiturnya secara gratis.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechTimes, Selasa (5/9/2017), fitur yang dibawa oleh Mi Calculator ini antara lain berupa hal-hal dasar, yakni soal penambahan, pengurangan, perkalian, hingga pembagian.

Baca: Inikah Spesifikasi Ponsel Android One Buatan Xiaomi?

Selain itu, Xiaomi menyematkan kemampuan lain yang dianggap menjadi keunikan Mi Calculator. Kemampuan yang dimaksud adalah fitur yang membuat pengguna bisa memakainya untuk perhitungan sains.

Misalnya, Mi Calculator bisa dipakai untuk menghitung fungsi trigonometri dan logaritma. Kemudian pengguna juga bisa memakainya untuk melakukan konversi area, panjang, massa, kecepatan, waktu, hingga volume benda.

Hal unik lainnya adalah kemampuan Mi Calculator untuk menghitung nilai tukar mata uang dunia. Nilai tukar tersebut terus diperbarui setiap hari sehingga dapat dipakai sebagai rujukan yang tepat.

Sebagai tambahan, Xiaomi juga menyematkan fitur Riwayat pada Mi calculator. Ini membuat aplikasi berhitung itu bisa melacak perhitungan yang telah dilakukan di masa lalu.

Di toko aplikasi Google mungkin saja terdapat banyak kalkulator dengan fungsi mirip Mi Calculator. Namun, Xiaomi meyakini bahwa aplikasi buatannya lebih unik, terutama karena memiliki antarmuka yang mulus, bersih, dan mudah digunakan.

Satu hal yang jadi kekurangan dalam Mi Calculator tersebut, yakni soal banyaknya izin permintaan akses. Permintaan itu antara lain meliputi informasi soal Riwayat Aplikasi dan Perangkat, lokasi, telepon, foto dan media lain, ruang penyimpanan, koneksi WiFi, serta identitas perangkat genggam dan panggilan.

Jika pengguna penasaran dan ingin mencobanya, aplikasi Mi Calculator bisa diunduh melalui tautan berikut ini.

Baca: Vlog: Perjalanan ke India untuk Peluncuran Xiaomi New Series

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Techtimes



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.