Kompas.com - 14/09/2017, 12:40 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Android terbaru adalah versi 8 alias Oreo, namun sistem operasi tersebut masih belum tampak dalam "sensus" Android Google, lantaran baru meluncur pada akhir Agustus lalu.

Versi sebelumnya, Android 7 Nougat, selama ini masih berada di belakang Android 4.4 Kitkat yang tertinggal tiga generasi. Namun belakangan keadaan itu berbalik karena Nougat telah berhasil menyalip Kitkat.

Android Nougat versi 7.0 dan 7.1 kini digunakan oleh 15,8 persen perangkat Android yang beredar, menurut data developer dashboard terbaru dari Google, per 11 September 2017.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mobile Syrup, Kamis (14/9/2017), Nougat pun kini menjadi versi Android terbesar ketiga, menggeser Kitkat yang sebelumnya duduk di urutan tersebut.

Distribusi versi sistem operasi Android, berdasarkan data Google selama 7 hari hingga 11 September 2017.Google Distribusi versi sistem operasi Android, berdasarkan data Google selama 7 hari hingga 11 September 2017.

Posisi pertama masih ditempati oleh Android 6.0 Marshmallow dengan porsi lebih dari 32 persen, disusul oleh Android 5.0 dan 5.1 Lollipop dengan 28,8 persen. Sementara, Android Kitkat masih bercokol di 15,1 persen perangkat.

Persentase perangkat Android yang menjalankan Nougat (versi 7.0 dan 7.1) tercatat naik sebesar 2,3 persen. Versi-versi lain dari sistem operasi Android mengalami penurunan.

Sejumlah versi lawas sperti Android Gingerbread (versi 2.3.3 hingga 2.3.7) dan Ice Cream Sandwich (versi 4.0.3 hingga 4.0.4) terlihat masih beredar di sebagian kecil perangkat dengan mengambil bagian sekitar 1 persen.

Baca: Daftar Smartphone yang Kebagian Android 8.0 Oreo

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.