Kompas.com - 24/09/2017, 15:05 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Mark Zuckerberg berencana menjual antara 35 juta lembar hingga 75 juta lembar saham Facebook miliknya dalam waktu 18 bulan ke depan.

Dengan harga per lembar saham di angka 170 dollar AS, berarti saham yang akan dilepas sang pendiri dan CEO Facebook tersebut bisa mencapai 12,7 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 168 triliun.

Ada apa gerangan? Rupanya Zuckerberg ingin mendanai Chan Zuckerberh Initiative, organisasi amal yang didirikannya bersama sang istri, Priscilla Chan, pada 2015 lalu.

“Kami punya banyak pekerjaan di Chan Zuckerberg Initiavite, bersama ilmuwan, pendidik, dan dokter di seluruh dunia yang butuh dukungan hari ini, bukan berdekade-dekade mendatang,” tulis Zuckerberg dalam sebuah posting di Facebook Jumat kemarin.

Baca: Cerita di Balik Jalan Zuckerberg di Kampung Cyber Yogyakarta

Awalnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNBC, Minggu (24/9/2017),Zuckerberg berencana membuat kategori saham baru di Facebook yang tidak memberikan hak voting kepada pemegangnya.


Dengan begini, Zuckerberg bisa menjual sebagian saham miliknya dengan tetap mempertahankan kendali atas Facebook, meskipun dia hanya memegang sedikit kepemilikan di perusahaan tersebut.

Namun, belakangan nilai saham Facebook terus naik sehingga Zuckerberg cukup menjual sebagian kecil sahamnya saja agar bisa mendapatkan dana berjumlah besar untuk yayasan Chan Zuckerberg Initiative. Rencana membuat kategori saham baru pun dibatalkan.

“Saya tegaskan, ini tak mengubah rencana saya dan Priscilla untuk melepas 99 persen saham Facebook yang kami miliki sepanjang hidup,” ujar Zuckerberg.

Zuckerberg memang pernah berjanji akan melepas hampir seluruh kepemilikannya atas Facebook untuk beramal. Kalau ditotal, saham Facebook yang dimiliki Zuckerberg bernilai 70 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 930 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.