Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/10/2017, 06:49 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Seperti apa rasanya bermain Gran Turismo dengan mobil sungguhan? Jann Mardenborough, seorang gamer asal Inggris telah melakukannya di sirkuit balap legendaris Silverstone.

Mardenborough adalah seorang gamer lulusan Nissan GT Adacemy, program TV yang memberi kesempatan para pemain game untuk berkarir di lintasan bersama Nissan. Mardenborough pun dibolehkan menjajal mobil balap Nissan GT-R/C.

Uniknya, mobil tersebut dikendalikan dari jarak jauh dengan sebuah gamepad atau controller DualShock 4 milik konsol PlayStation 4, layaknya game Gran Turismo. Mardenborough bukan berada di belakang setir, melainkan di helikopter yang terbang rendah mengikuti laju mobil di sirkuit.

Mobil dipasangi robot-robot pengendali utnuk kontrol dari jarah jauh.Nissan Mobil dipasangi robot-robot pengendali utnuk kontrol dari jarah jauh.

Mobil balap dengan transmisi otomatis tersebut dipasangi serangkaian robot untuk mengendalikan kemudi serta pedal gas dan rem. Sebanyak 6 buah komputer yang ditaruh di bagasi mobil mampu memberikan update kendali sebanyak 100 kali per detik.

Baca: Hotel Ini Sediakan Fasilitas Game di Tiap Kamar

Komputer lantas tersambung ke helikopter melalui gelombang radio yang bisa bekerja hingga jarak 1 km. Selain gamepad, Mardenborough dibekali layar LCD di helikoper yang menunjukkan kecepatan mobil.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Sun, Jumat (13/10/2017), Nissan GT-R/C sendiri memiliki dapur pacu mesin V6 yang mampu menyemburkan 542 tenaga kuda.

Meski mengendalikan mobil dari jauh dengan gamepad PS4, Mardenborough mampu memacu mobil ini di Silverstone hingga mencapai kecepatan maksimal 210 km per jam dengan putaran tercepat 1 menit 17 detik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber The Sun


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.