Google Ciptakan Chipset Mobile Pertama, Fokus Perbaiki Hasil Kamera

Kompas.com - 20/10/2017, 12:40 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com-Google tampaknya mulai lakukan ekspansi ke ranah hardware. Baru-baru ini, terungkap bahwa Google menciptakan chipset mobile-nya sendiri yang diberi nama Pixel Visual Core.

Chipset ini memiliki ukuran fabrikasi 10 nm, lebih kecil dan sederhana dibandingkan chip terkecil besutan Qualcomm. Chipset mobile pertama Google itu bekerja untuk memaksimalkan kinerja imaging smartphone.

Pixel Visual Core kabarnya akan dipergunakan sebagai 'otak' untuk kamera smartphone baru Google, yakni Pixel 2 dan Pixel 2 XL.

Pixel Visual Core memiliki keunggulan dalam mempercepat kerja kamera serta menyajikan gambar yang lebih baik dan lebih efisien. Dikutip KompasTekno dari The Verge, Jumat (20/10/2017), chipset ini diklaim mampu meningkatkan kinerja high dynamic range (HDR) hingga 5 kali lipat dengan energi yang 10 kali lipat lebih kecil. 

Baca: Ini Spesifikasi Lengkap Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL  

Google juga mengatakan bahwa chipset miliknya akan dikembangkan agar dapat mendukung sistem Android Oreo, sehingga tidak akan mengganggu performa ponsel saat terjadi pembaruan sistem.

Meski sudah diumumkan, Pihak Google belum mulai memproduksi massal chipset ini. Kemungkinan, Google masih melakukan optimalisasi sebelum Pixel 2 mulai dipasarkan.

Melihat langkah yang dilakukan oleh raksasa teknologi yang melejit karena mesin pencarinya itu, besar kemungkinan Google akan terus berinovasi guna meningkatkan kemampuan chipset-nya.

Pihak Google sendiri mengatakan bahwa kali ini, mungkin Pixel Visual Core hanya dapat mendukung kinerja visual pada ponsel. Seiring berjalannya waktu, Google berharap untuk mengembangkan perangkat tambahan lebih banyak lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.