Situs Perpustakaan Cambridge "Down" Gara-gara Tesis Stephen Hawking

Kompas.com - 24/10/2017, 18:42 WIB
Stephen Hawking dalam video wawancara GMIC 2017 GMIConference/YoutubeStephen Hawking dalam video wawancara GMIC 2017
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Situs milik perpustakaan Universitas Cambridge Inggris, Senin (23/10/2017) lalu mengalami crash atau macet tidak bisa diakses. gara-garanya, banyak yang mengakses istus tersebut untuk membaca tesis fisikawan Stephen Hawking.

Tesis terkenal buatan Stephen Hawking berjudul "Sifat Memperluas Alam Semesta" memang baru saja diunggah di situs Universitas Cambridge. Tesis tersebut bisa diakses oleh publik sejak dibuat pada 1962.

"Sifat Memperluas Alam Semesta" karya Profesor Hawking telah menjadi menjadi tesis yang paling banyak diminta di perpustakaan universitas itu, demikian dikutip KompasTekno dari VOA Indonesia, Selasa (24/10/2017).

Untuk memenuhi permintaan tersebut, dan atas dorongan Hawking, Universitas Cambridge menyediakannya secara online.

Baca: Tesis Ilmiah Stephen Hawking Kini Bisa Diunduh Gratis

Sekitar 60.000 orang berusaha mengaksesnya, menyebabkan situs itu beberapa kali macet pada Senin.

Hawking adalah fisikawan dan ahli kosmos yang paling terkenal di dunia. Karya pentingnya tahun 1988 yang berjudul Sejarah Singkat mengenai Waktu telah terjual lebih dari 10 juta eksemplar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kini, dengan tersedianya tesis Hawking untuk dibaca oleh siapa pun Hawking berharap untuk "mengilhami orang-orang di seluruh dunia untuk melihat bintang-bintang dan bukan ke bawah ke arah kaki mereka, untuk bertanya-tanya tentang tempat kita di alam semesta dan berusaha memahami kosmos."



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X