Ada "Final Fantasy VII" dan "Cars" di Komputer Osama bin Laden

Kompas.com - 05/11/2017, 06:48 WIB
Osama bin Laden. AP/New York Daily NewsOsama bin Laden.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Apa yang dilakukan mendiang pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden selama bersembunyi di Pakistan? Berdasarkan data yang dilansir oleh badan intelijen AS CIA, ada kemungkinan ia menghabiskan waktu luang dengan menonton hingga bermain game.

Pada tahun 2011 lalu, pasukan Navy Seal menyerbu kediaman Osama di Abottabad. Dalam penyerbuan, pasukan tersebut ikut menyita komputer milik orang yang diyakini AS sebagai dalang serangan 11 September tersebut.

Dari hasil penelusuran CIA terhadap komputer Osama, ditemukan berbagai film kartun AS, film Hollywood, anime, hingga dokumenter tentang diri sendiri.  

Beberapa film kartun anak-anak yang ditemukan dalam hard drive milik Osama seperti Tom and Jerry, Ice Age, Antz, Cars, B.O.B Big Break, dan Chicken Little. Beberapa ahli menyatakan, ada kemungkinan film seperti ini menjadi tontonan anak-anak dan anggota keluarga lain di rumah Osama.

Baca juga : Terbesar Sepanjang Sejarah, File Panama Papers Capai 2,6 TB

Tidak hanya itu, kumpulan film anime dengan subtitle berbahasa Arab juga ditemukan di komputer milik Osama. Beberapa di antaranya Final Fantasy VII, Naruto, Bleach, Dragon Ball, Devil May Cry, dan Street Fighter 4: The Ties Bind and Storm Rider.

Terdapat koleksi video dari YouTube seperti video lucu Charlie bit my finger yang sempat viral 10 tahun lalu dan lagu anak-anak Twinkle-twinkle little star.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada juga kumpulan game bajakan seperti Zuma Deluxe dan juga Sniper Elite: Nazi Zombie Army 2. Emulator game portable Nintendo DS, seperti New Super Mario Bross dan Animal Crossing juga ditemukan.

Dilansir KompasTekno dari Gizmodo, Minggu (5/11/2017), CIA merilis dokumen milik Al-Qaeda seperti video, audio, jurnal, dan materi lain ke publik untuk memberikan wawasan ke warga AS tentang rencana dan cara kerja organisasi tersebut.

"CIA akan melanjutkan kemungkinan untuk membagi informasi tersebut kepada warga Amerika sesuai dengan kewajiban kami untuk melindungi kemanan nasional," jelas Direktur CIA, Mike Pompeo.

Video kehidupan sehari-hari Osama

Halaman:


Sumber Gizmodo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.