Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Face ID di iPhone X Tetap Kenali Wajah yang Babak Belur

Kompas.com - 09/11/2017, 10:32 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

Sumber YouTube,BGR

KOMPAS.com - Kekhawatiran pengguna akan error-nya sistem pengamanan biometrik wajah pada iPhone X, dijawab oleh Youtuber asal Amerika Serikat, Justine Ezarik. Ia membuktikan bahwa ponsel beharga Rp 13,4 juta itu mampu mendeteksi wajah pemiliknya meskipun telah babak belur dan mengalami perubahan.

Di Akun YouTube iJustine, wanita berusia 33 tahun ini menyewa seorang make-up artist untuk melakukan beberapa perubahan pada wajahnya. Justine memulainya dari memperbesar ukuran bibir, menambahkan noda darah, membuat efek bengkak dan babak belur pada bagian wajah, seperti hidung dan rahang, hingga bertransformasi menjadi seperti zombie.

Namun dengan banyaknya transformasi yang sudah dilakukan, Justine tampak takjub karena  iPhone X-nya tetap bisa dibuka dengan fitur Face ID.

Dikutip KompasTekno dari BGR, Kamis (9/11/2017), sistem pemindai wajah pada iPhone X dirancang agar mampu mempelajari perubahan wajah pada orang yang sama secara cepat. Sistem akan terus memperbarui representasi matematis wajah penggunanya untuk mengikuti perubahan tersebut.

Video eksperimen Justine bisa disimak melalui tautan berikut ini.

Sebelumnya, sistem pengamanan biometrik wajah pada iPhone X sempat mendapat cibiran pengamat teknologi. Meskipun lebih aman, pengamanan biometrik wajah rentan error saat melakukan pemindaian pada wajah pengguna.

Beberapa pengaman biometrik wajah versi sebelumnya tidak mampu mendeteksi wajah yang sama dalam versi yang berbeda. Terlebih lagi, pengamanan biometrik wajah merupakan satu satunya cara untuk dapat mengakses ponsel.

Namun berbeda dengan pengaman biometrik wajah pada iPhone X. Pengguna masih bisa mengakses ponselnya meski dalam sapuan make-up tebal. Bahkan ketika mengalami kecelakaan yang menimbulkan kerusakan wajah secara permanen.

Baca juga : Apple Jelaskan Cara Kerja Face ID iPhone X

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber YouTube,BGR


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com