Kompas.com - 27/12/2017, 08:12 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com- Bermain game di smartphone sudah jadi hal biasa. Tapi bermain game sekaligus melakukan senam muka tampaknya merupakan hal baru yang layak dicoba.

Baru baru ini, game ponsel unik berjudul Rainbrow diciptakan oleh Nathan Gitter, sarjana jurusan ilmu komputer Universitas Washington. Game ini dikategorikan sebagai permainan arcade, karena mengasah ketangkasan fisik saat memainkan.

Tidak seperti game arcade smartphone lainnya yang digerakkan dengan sentuhan jari tangan, Rainbrow mengharuskan penggunanya menggerakan alis dan ekspresi wajah agar dapat melakukan permainan.

Gameplay permainan ini cukup sederhana. Pemain hanya perlu mengumpulkan skor sebanyak mungkin dengan menangkap bintang menggunakan emoji. Bintang ini akan terus berpindah secara acak ke atas dan ke bawah sehingga mengharuskan pemain untuk terus memindahkan emoji tersebut.  

Baca juga: Kamera Face ID Sukses Bikin iPhone X Diminati Konsumen

Agar dapat menggerakkan emoji ke atas, pengguna harus menaikkan alis dan membuat ekspresi wajah terkejut. Sedangkan untuk melakukan gerakan ke bawah, pengguna harus membuat ekspresi wajah cemberut. Jika tidak ingin membuat gerakan atau tetap di tempat, pengguna harus membuat ekspresi wajah datar.

Tapi tentu saja permainan tidak akan berlangsung semudah itu. Dalam setiap permainan, pengguna harus menghindari emoji lain, seperti mobil, awan, bola basket dan bebek.

Semakin lama game berlangsung, permainan akan semakin sulit, sebab ikon pengganggu akan bergerak lebih cepat. Di sinilah letak tantangan permainan Rainbrow.
 
Sayangnya, game ini baru dapat dimainkan melalui perangkat iPhone X. Sebab, game ini dibuat dengan mengadopsi teknologi ARKit yang dapat mendeteksi posisi, topologi, serta ekspresi wajah secara real time. Teknologi ini tergolong baru dan hanya dapat bekerja di sistem iOS 11.

Berdasarkan informasi yang dihimpun KompasTekno dari Macrumors hari Rabu (27/12/2017), saat ini Rainbrow sudah bisa diunduh gratis melalui App Store.

Meski begitu, Gitter selaku pencipta game ini berencana untuk menambahkan versi berbayar untuk ke depannya. Dalam versi berbayar, Gitter akan memberi emoji baru agar pengalaman bermain bisa dirasakan lebih kompleks.

Untuk mengetahui pengalaman bermain Rainbrow, Anda dapat menyimak video berikut:

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Mac Rumors
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.