Saingi iPhone X, Huawei Bikin Teknologi "Face ID" Versi Lebih Canggih - Kompas.com

Saingi iPhone X, Huawei Bikin Teknologi "Face ID" Versi Lebih Canggih

Wahyunanda Kusuma Pertiwi
Kompas.com - 03/12/2017, 12:39 WIB
 Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, Phil Schiller, saat memeprkenalkan Face ID dalam peluncuran iPhone X di Amerika Serikat (12/9/2017).Apple Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, Phil Schiller, saat memeprkenalkan Face ID dalam peluncuran iPhone X di Amerika Serikat (12/9/2017).

KOMPAS.com - Huawei punya catatan sendiri dalam persaingannya “melawan” teknologi produk Apple. Misalnya ketika lebih dulu  memperkenalkan fitur Force Touch di ponsel Mate S, beberapa hari sebelum kemunculan iPhone 6S.

Saat ini ketika iPhone X tengah menjadi tren smartphone kelas premium, Huawei juga tak mau kalah.

Di akhir presentasi ponsel Honor V10 akhir November lalu, Huawei sesumbar bakal memiliki teknologi pengenal wajah ala Face ID yang terdapat pada iPhone X, tapi lebih canggih.

Seperti Face ID, pengenal wajah besutan Huawei menggunakan sistem depth-sensing camera (sensor kedalaman) untuk pemetaan kontur wajah secara tiga dimensi.

Baca juga : Lewat Iklan, Huawei Sindir iPhone X

Namun, dibanding Face ID iPhone X yang memproyeksikan 30.000 titik untuk pemetaan wajah, teknologi pengenal wajah Huawei memakai 300.000 titik atau 10 kali lebih banyak.

Jumlah titik proyeksi mencapai ratusan ribu tersebut bisa membuat pemetaan yang lebih detil dan akurat, tapi waktu proses awal untuk merekam kontur wajah pengguna mencapai 10 detik.

Saat peta wajah sudah dibuat, teknologi Huawei hanya membutuhkan waktu 400 milidetik (0,4 detik) untuk mengenali wajah pengguna. Waktu itu hampir sama cepatnya dengan proses pengenalan sidik jari.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Minggu (3/12/2017), selain memiliki cara kerja yang mirip, Huawei pun mengembangkan aplikasi serupa Animoji (pembuat emoji dengan ekspresi sesuai wajah pengguna) untuk dipakai bersama teknologi itu.

Baca juga : Huawei Diprediksi Salip Apple Tahun Depan

Animoji ala Huawei bisa mendeteksi apabila pengguna sedang menjulurkan lidah, di samping mendeteksi ekspresi wajah seperti iPhone X.

Meski demikian, tak seperti Face ID yang kini sudah bisa dipakai di iPhone X, teknologi pengenal wajah Huawei masih berada dalam tahap pengembangan. Masih belum jelas pula ponsel Huawei mana yang akan menggunakannya.

PenulisWahyunanda Kusuma Pertiwi
EditorOik Yusuf
SumberENGADGET
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM