Microsoft Setop Dukungan Windows 8.1

Kompas.com - 19/01/2018, 12:10 WIB
Tampilan Windows 8.1 update 1. Tampilan Windows 8.1 update 1.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Setelah Windows Vista kehilangan seluruh dukungan pada 2017, dan Windows 7 menyusul tak lagi mendapat mainstream support pada tahun yang sama, kini giliran Windows 8.1 mengalami hal serupa.

Microsoft selaku sang empunya sistem operasi telah menghentikan Mainstream Mupport untuk Windows 8.1, terhitung mulai 9 Januari 2018.

Dengan demikian, sistem operasi yang kurang populer ini tak akan lagi mendapat tambahan fitur baru ataupun update non-sekuriti dari Microsoft.

Meski demikian,Windows 8.1 masih berada dalam masa Extended Support sehingga akan terus mendapat update sekuriti hingga akhir periode tersebut lima tahun mendatang pada 10 Januari 2023.

Setelah melewati masa Extended Support, maka Windows 8.1 tidak bakal mendapat pembaruan keamanan sehingga akan rentan terhadap malware dan serangan cyber, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digital Trends, Jumat (19/1/2018).

Windows 8.1 pertama kali dirilis pada 2013 sebagai jawaban Microsoft atas Windows 8 sebelumnya yang banyak dikritik oleh pengguna lantaran mengusung antarmuka sangat berbeda dari Windows 7.

Namun, Windows 8.1 gagal meraih popularitas di pasaran, hingga kemudian Microsoft merilis Windows 10 dan menawarkan upgrade gratis ke OS terbaru itu untuk para pengguna Windows 7 dan Windows 8.1.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tawaran upgrade gratis dari Windows 8.1 ke Windows 10 berakhir pada Juli 2016, tapi masih ada celah upgrade ssecara cuma-cuma dengan meminta assistive-technology (misalnya keyboard braile dan screen reader). (Baca juga : Besok, Hari Terakhir Upgrade Gratis Windows 10)

Celah ini kemudian ditutup oleh MIcrosoft bersama dengan penghentian Mainstream Support Windows 8.1.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.