Digigit, Baterai iPhone Meletus Bak Petasan

Kompas.com - 23/01/2018, 08:14 WIB
Sel baterai yang ditambahkan di penutup bagian belakang iPhone 6 untuk menambah daya tahan baterai. Intelligent EnergySel baterai yang ditambahkan di penutup bagian belakang iPhone 6 untuk menambah daya tahan baterai.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Seorang pria di China punya metode sendiri untuk menguji kualitas baterai, yakni dengan cara digigit. Ceritanya, pekan lalu dia ingin membeli iPhone bekas di sebuah mall di Negeri Tirai Bambu.

Mungkin lantaran ragu soal keaslian baterai di dalam ponsel, dia memasukkan komponen penyimpan daya itu ke dalam mulutnya, lantas mengatupkan gigi.

Padahal, baterai lithium ion yang dipakai di smartphone sama sekali tak boleh ditusuk dengan benda tajam, karena bisa menyebabkan hubungan pendek, apalagi digigit.

Baterai pun meledak, untungnya ledakan terjadi sesaat setelah dikeluarkan dari mulut sang pria yang namanya tidak diketahui tersebut. Dia pun selamat dari cedera yang boleh jadi bisa berakibat fatal apabila lebih awal hanya sedetik saja.

Potongan video yang memperlihatkan baterai iPhone di China meledak setelah digigit oleh seorang pria. www.miaopai.com Potongan video yang memperlihatkan baterai iPhone di China meledak setelah digigit oleh seorang pria.

Kejadian di atas terekam dalam sebuah video singkat dari kamera pengawas. Di dalamnya tampak sang pria sedang memeriksa iPhone yang hendak dibelinya di sebuah counter toko ponsel.

Dia lalu terlihat jelas memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya. Hanya sesaat setelah dikeluarkan dari mulut, baterai mendadak meletus macam petasan, mengeluarkan bola api dan asap.

Orang-orang yang ada di sekitar pun kaget. Beruntunglah, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GizmoChina, Selasa (23/1/2018), metode uji baterai unik dari pria tersebut dilaporkan tak menimbulkan korban luka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Moral dari cerita ini, janganlah sekali-kali menusuk baterai lithium dengan benda apa pun, termasuk gigi. Hal ini dapat menyebabkan kontak antara kutub negatif dan positif dalam konstruksi baterai, sehingga berakibat korslet.

Reaksi baterai lithium yang mengalami kerusakan bisa sangat cepat dan spontan seperti dalam kasus sang pria China di atas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.