Google Play Store Catat Rekor Unduhan Aplikasi Terbanyak

Kompas.com - 27/01/2018, 10:17 WIB
Ilustrasi Google Play Store Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comIlustrasi Google Play Store
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Tingkat adopsi smartphone di negara berkembang mendorong pertumbuhan angka unduhan aplikasi di toko aplikasi Android, Google Play Store. Pada kuartal keempat 2017, Play Store mencatat jumlah download aplikasi mencapai 19 miliar. 

Angka tersebut merupakan rekor baru untuk jumlah unduhan aplikasi terbanyak di Play Store, sekaligus jauh melampaui capaian yang diraih toko aplikasi iOS, Apple App Store. Dibandingkan App Store di kuartal yang sama, jumlah download aplikasi di Play Store lebih tinggi 145 persen.

Berdasarkan laporan dari firma riset mobile App Annie, pada kuartal keempat 2017, angka download di Play Store mengalami pertumbuhan 10 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pencapaian ini didorong oleh para pengguna Android di negara-negara berkembang seperti Indonesia, India, dan Brazil. Untuk India, negeri itu untuk pertama kalinya menyalip Amerika Serikat di kuartal keempat 2017, dalam hal jumlah total unduhan dari App Store dan Play Store.

Presentase unduhan Google Play Store dan App Store pada Q4 2017.App Annie Presentase unduhan Google Play Store dan App Store pada Q4 2017.

Apa saja aplikasi yang populer diunduh? Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Sabtu (27/1/2018), kategori aplikasi permainan (game), finansial, dan personalisasi adalah yang paling banyak diunduh di Play Store.

Aplikasi finansial juga populer di App Store. Tren ini didukung oleh perilaku kalangan perbankan dan investasi yang aktivitasnya mulai banyak bergeser ke perangkat mobile, terlebih sejak menanjaknya popularitas cryptocurrency macam bitcoin. 

Baca juga : 6 Versi Android Ini Sudah Tidak Bisa Akses Google Play Store

Selain angka unduhan aplikasi yang naik, Play Store dan App Store juga mencatat peningkatan belanja pengguna lewat in-app purchase pada kuartal keempat 2017. Dalam hal ini App Store mengalahkan Play Store.

Nilai belanja konsumen di App Store mencapai kisaran 11,5 miliar dollar AS, nyaris dua kali lebih tinggi (95 persen) dibandingkan consumer spending di Play Store.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber TechCrunch
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X