Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Sony Kazuo "Kaz" Hirai Mengundurkan Diri

Kompas.com - 02/02/2018, 18:24 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - CEO Sony, Kazuo "Kaz" Hirai resmi mengundurkan diri dari jabatannya pada Kamis (1/2/2018). Masa jabatan Hirai akan resmi berakhir pada Maret 2018 nanti. Per tanggal 1 April 2018, ia akan menduduki posisi baru sebagai direktur utama.

Sedangkan posisi CEO Sony akan diisi oleh Kenichiro Yoshida, yang sebelumnya menjabat sebagai Chief Financial Officer (CFO) Sony sejak 2013.

Baik Hirai dan Yoshida, keduanya telah bekerja sama dalam beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan kondisi finansial Sony dengan mendukung produk konsol game, ponsel, dan divisi komponen, serta menutup divisi yang dinilai gagal, seperti laptop Vaio.

Baca juga: Sony Ungkap Alasan Bertahan di Bisnis Smartphone

"Ketika perusahaan mendekati titik krusial, ketika kami akan berencana kembali mendirikan perusahaan mid-range, Saya rasa ini adalah waktu yang ideal untuk memberikan tongkat kepemimpinan kepada manajemen yang baru, demi masa depan Sony dan juga saya sendiri untuk memulai babak baru dalam kehidupan saya", ungkap Hirai

Bersamaan dengan pengumuman pengunduran diri Hirai, Sony juga mengumumkan laporan pembukuan kuartal terakhir tahun 2017, dengan peningkatan pendapatan operasional sebesar 239 persen.

Pada kuartal II 2017, Sony berhasil meraup keuntungan 296 miliar yen (sekitar Rp 36 triliun), naik 19,6 miliar yen (sekitar Rp 2 triliun) di periode yang sama tahun lalu.

Setahun setelah penunjukan Hirai sebagai CEO Sony, pada Mei 2013, raksasa elektronik Jepang tersebut berhasil mencatatakan laba bersih pertamanya sejak lima tahun terakhir, sebagaimana KompasTekno rangum dari Cnet, Jumat (2/2/2018).

Prestasi pertama Hirai adalah ketika ia berada di Sony Computer Entertainment dengan menyukseskan peluncuran PlayStation 2 (PS2) secara global, dan diikuti penerusnya, PlayStation 3 (PS3).

Baca juga: Bisnis Sony Mobile Untung Berkat Penguatan Yen

Setelah peluncuran PS3, ia kemudian menjabat sebagai presiden Sony Computer Entertainment menggantikan Bapak PlayStation, Ken Kutaragi. Hingga 2011, Hirai tetap menangani divisi gaming lalu ditunjuk sebagai CEO Sony pada tahun 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com