Kompas.com - 08/02/2018, 12:36 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Mengunggah foto di media sosial, khususnya di Instagram, bak kompetisi. Pengguna berlomba membuat foto sebagus mungkin demi mendapatkan "like" sebanyak-banyaknya.

Foto selfie atau "candid" ditambah dengan latar belakang yang indah, menarik, atau unik merupakan salah satu pendulang "like" dari pengguna lain.

Namun, foto "candid" tak bisa dihasilkan setiap saat. Pose selfie pun kerap membosankan karena wajah melulu yang mendominasi foto.

Akhirnya lahirlah tren baru di kalangan instagramer. Mereka ramai-ramai membuat foto yang sejatinya spontan tetapi terencana. Pose seperti ini biasa disebut "plandid".

"Plandid" tak lain merupakan gabungan dari kata "plan" dan "candid". Gaya foto seperti ini sebenarnya bukanlah barang baru di kalangan instagramer.

"Foto-foto candid yang direncanakan sebenarnya sudah lama di Instagram. Cuma istilah plandid kira-kira baru setahunan ini dipakai," ujar Kenny Santana, Selebgram Travel saat ditemui Kompas.com di sela-sela event Samsung Forum, di kota Roma, Italia, Rabu (7/2/2018).

Menurut Kenny, plandid sedang tren di kalangan instagramer karena hasilnya terlihat lebih natural, meski sebenarnya sudah direncanakan sebelumnya.

Tren foto plandid populer juga karena pengguna sudah mulai bosan dengan selfie. Mereka tak ingin feed Instagram-nya berisi muka melulu.

"Sekarang selfie itu sudah biasa dan lama-lama juga ditinggalkan. Sekarang memang yang sedang tren itu plandid," kata pemilik Instagram @kartuposinsta ini.

Ia pun sudah membuat dan memposting foto-foto bergaya plandid di akun Instagramnya sejak lama. Salah satu gaya plandid terbaru yang dirancang Kenny, saat berada di Vatikan. Ia difoto berjalan sambil berbincang dengan rekannya dengan latar belakang bangunan Basilica Santo Petrus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.