Android P Cegah Kamera Dibajak Aplikasi?

Kompas.com - 22/02/2018, 06:48 WIB
Android PAndroid P Android P

KOMPAS.com - Mekanisme peretasan via kamera smartphone dan microphone menciptakan ketakutan tersendiri bagi masyarakat, meski jarang ditemukan. Google sepertinya punya solusi melalui sistem operasi Android P yang dijadwalkan rilis pertengahan tahun ini.

Kode teranyar yang ditemukan menunjukkan Android P bakal mencegah aplikasi yang diam-diam menggunakan kamera smartphone dan microphone tanpa sepengetahuan pengguna.

Jika ada program yang tak aktif mencoba menggunakan kamera, Android P bakal menghentikannya dan mengirimkan pesan error ke pengguna sebagai pemberitahuan. Mekanisme ini berbeda dengan pencegahan pada sektor microphone.

Android P tetap bisa dikelabui untuk perekaman audio diam-diam, hanya saja datanya akan dikosongkan jika aplikasi atau program dalam keadaan tak aktif. Dengan kata lain, upaya perekaman audio diam-diam itu tak ada gunanya.

Sejauh ini masih sedikit bocoran informasi soal Android P, selain namanya yang disebut-sebut akan mengacu pada nama es krim bertabur kacang arab “Pistachio Ice Cream”, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (22/2/2018), dari Engadget.

Beberapa sumber dalam sesumbar Android P bakal lebih mengedepankan perlindungan terhadap privasi pengguna. Para peretas dan oknum jahil akan lebih sulit membobol sistem keamanan pada smartphone Android pengguna.

Namun tentu saja rumor ini belum diiyakan Google. Kita tunggu saja hingga Android P benar-benar dirilis, biasanya bertepatan dengan pesta pengembang “Google I/O” di Mountain View, Amerika Serikat.

Baca juga : Jutaan Android Hang Tiap Hari gara-gara Ucapan Selamat Pagi

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X