Menjajal Oppo A83, Ponsel Selfie “Adik” Oppo F5

Kompas.com - 22/02/2018, 16:59 WIB
Model memamerkan smartphone Oppo A83 yang memiliki layar kekinian rasio 18:9 dan fitur face unlock di Jakarta, Rabu (21/2/2018). Oik Yusuf/KOMPAS.comModel memamerkan smartphone Oppo A83 yang memiliki layar kekinian rasio 18:9 dan fitur face unlock di Jakarta, Rabu (21/2/2018).
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Oppo mulai memasarkan smartphone terbarunya di Indonesia, Oppo A83, pada akhir Januari lalu. Oppo A83 memiliki sejumlah kesamaan dengan ponsel pintar seri F5 andalan Oppo.

Oppo A83 misalnya, memiliki kemiripan fisik dengan "kakaknya", seri Oppo F5, antara lain dari desain layar berbingkai tipis dengan aspect ratio 18:9 seperti sang kakak.

Dapur pacunya juga sama, yakni chip octa-core Helios P23 yang bahkan mampu berlari lebih kencang dibandingkan seri F5, karena resolusi layar A83 lebih rendah.

Baca juga: Oppo A83, Harga Lebih Murah tapi Lebih Kencang dari F5

Sang pabrikan turut menyematkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) pemoles jepretan selfie yang lagi-lagi sama dengan milik seri F5.

Unit Oppo A83 warna gold. Bingkai yang mengelilingi layar berwarna putih. Layarnya berukuran 5,7 inci dengan resolusi 1.440 x 720 piksel (aspect ratio 18:9). Seperti seri F5, tombl-tombol navigasi A83 kini disatukan dalam antarmuka sistem operasi dalam bentuk on-screen buttons.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Unit Oppo A83 warna gold. Bingkai yang mengelilingi layar berwarna putih. Layarnya berukuran 5,7 inci dengan resolusi 1.440 x 720 piksel (aspect ratio 18:9). Seperti seri F5, tombl-tombol navigasi A83 kini disatukan dalam antarmuka sistem operasi dalam bentuk on-screen buttons.

Tak heran, Oppo memang mengedepankan A83 sebagai versi lebih terjangkau dari seri Oppo F5. Harapannya, teknologi AI beautification yang menjadi jagoan baru Oppo, bisa dikenal masyarakat secara lebih meluas lewat Oppo A83.

Banderol harga Oppo A83 dipatok sebesar Rp 3 juta di Indonesia, sementara seri F5 memiliki kisaran harga mulai Rp 3,6 juta hingga Rp 5,2 juta di Indonesia.

Bagian punggung Oppo A83 warna gold terbuat dari plastik dengan cat metalik yang memberi kesan tampilan serupa logam. Modul kamera 13 megapiksel (lensa f/2.2) yang terdapat di pojok kiri atas tampak sedikit menonjol dari badan ponsel. Berbeda dari seri F5, Oppo A83 tidak memiliki pemindai sidik jari.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian punggung Oppo A83 warna gold terbuat dari plastik dengan cat metalik yang memberi kesan tampilan serupa logam. Modul kamera 13 megapiksel (lensa f/2.2) yang terdapat di pojok kiri atas tampak sedikit menonjol dari badan ponsel. Berbeda dari seri F5, Oppo A83 tidak memiliki pemindai sidik jari.
Dengan harga lebih bersahabat itu, apa saja yang akan ditemukan pembeli Oppo A83 di kotak kemasannya? Bagaimana pula penampilan Oppo A83 dari berbagai sisi?

KompasTekno melakukan unboxing dan hands-on Oppo A83 dalam acara Media Experience di Jakarta, Rabu (21/2/2018) untuk menemukan jawabannya. Simak hasil penelusuran selengkapnya dalam rangkaian foto di tautan berikut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X