Galaxy S9 Bisa Ukur Tekanan Darah Tanpa Alat Tambahan

Kompas.com - 01/03/2018, 13:39 WIB
Galaxy S9 (kiri) dan Galaxy S9+ memiliki perbedaan dari sisi ukuran layar, kamera, besar RAM dan memori.
Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.comGalaxy S9 (kiri) dan Galaxy S9+ memiliki perbedaan dari sisi ukuran layar, kamera, besar RAM dan memori.

KOMPAS.com - Menggandeng University of California, San Francisco (UCSF), Samsung meluncurkan aplikasi kesehatan bertajuk My BP. Aplikasi yang tersemat di flagship Galaxy S9 dan S9 Plus ini membantu memonitor tekanan darah dan tingkat stres penggunanya.

Samsung membenamkan sensor optik di duo flagship tersebut, untuk mengukur tekanan darah pengguna, langsung dari smartphone tanpa ada tambahan alat. Lantas, aplikasi akan memberikan informasi tekanan darah dan tingkat stres pengguna tiap hari.

Salah satu tujuan aplikasi My BP Lab ini adalah untuk menyediakan umpan balik secara kontekstual dan ilmiah, sehingga pengguna akan memperoleh informasi untuk memahami kesehatan mereka dan mampu mengatur kesehatan mereka lebih efektif.

"Kami senang bekerja sama dengan UCSF untuk memanfaatkan sensor ini dan berkontribusi untuk penelitian yang akan memberikan manfaat kesehatan bagi pengguna kami", ujar Senior VP and Leader of the Health Service Team Samsung, Peter Koo.

Baca juga: Kata Fotografer Profesional soal Kamera Galaxy S9

Akurasi pengukuran tekanan darah dan tingkat stres akan ditingkatkan kedepannya dengan pengumpulan data dari ribuan pengguna di dunia nyata.

Ketika pengguna membuka aplikasi My BP Lab, pengguna akan diundang untuk bergabung dalam penelitian UCSF selama tiga minggu, untuk melacak tingkat stres dan bagaimana emosi dapat mempengaruhi kesehatan sehari-hari.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nantinya, pengguna akan memberikan laporan tentang pola perilakunya sehari-hari seperti pola tidur, olahraga, dan diet. Kemudian, pengguna akan menggunakan sensor yang tertanam di smartphone untuk mengukur tekanan darahnya.

Dari masukan yang diterima melalui aplikasi, pengguna bisa melihat pada hari apa tingkat stresnya cukup tinggi atau bagaimana kualitas tidur mereka mempengaruhi tekanan darah pada pagi hari.

"Penelitian ini dapat memberikan kumpulan data terbesar tentang stres, pengalaman emosional sehari-hari, dan tekanan darah," jelas profesor psikiatri UCSF, Wendy Berry Mendes, PhD.

Dilansir KompasTekno dari Samsung News Room, Kamis (1/3/2018), aplikasi My BP Lab mulai bisa diunduh di Google Play Store pada 15 Maret mendatang. Program tersebut baru tersedia bagi pengguna Galaxy S9 dan S9 Plus di Amerika Serikat yang berusia 18 tahun ke atas.

Baca juga: Google Fit, Aplikasi Kesehatan dari Google

Sebelumnya, Samsung juga pernah menyelipkan aplikasi kesehatan bernama S Health di Galaxy S4 pada 2013 silam.

Aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk mengukur berat badan, gula darah, dan tekanan darah. Kompetitor Samsung, Apple juga memiliki aplikasi serupa bernama Healthbook di iPhone 5S.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X