Spotify Blokir Pengguna Aplikasi Bajakan

Kompas.com - 07/03/2018, 06:55 WIB
Ilustrasi Spotify Christian Hartmann / ReutersIlustrasi Spotify

KOMPAS.com - Aplikasi streaming musik, Spotify dikabarkan memblokir layanan Spotify retasan atau bajakan. Versi bajakan ini memberi akses ke fitur berlangganan premium, tanpa bayar dan bebas iklan.

Bagi pengguna yang mengakses Spotify versi bajakan, akan menerima e-mail peringatan bahwa terdapat aktivitas tidak normal di aplikasi Spotify yang sedang digunakan.

Tangkapan layar email Spotify yang dikirim ke pengguna yang mengakses Spotify bajakanGSM Arena Tangkapan layar email Spotify yang dikirim ke pengguna yang mengakses Spotify bajakan
Dalam peringatan tersebut, Spotify juga meyakinkan penggunanya jika akun Spotify mereka tetap aman dan bisa digunakan.

Kiriman e-mail tersebut baru berupa peringatan, karena Spotify belum memberlakukan suspend (penangguhan) atau menghentikan akun-akun yang mengakses aplikasi abal-abal tersebut.

Jika pengguna ingin mengaktifkan lagi akun Spotify-nya, perusahaan asal Swedia tersebut meminta pengguna untuk mencopot aplikasi Spotify gadungan terlebih dahulu, lantas mengunduh kembali aplikasi Spotify yang asli dari Google Play Store.

Aplikasi bajakan ini biasanya diunduh dalam bentuk Android Application Package (APK) lewat situs-situs penyedia aplikasi bajakan/yang telah dimodifikasi. Untuk aplikasi Spotify, modifikasi dilakukan untuk mendapat akses ke Spotify premium.

Dengan akses premium, streaming musik bebas iklan dan pilih lagu sesuka hati bisa dinikmati tanpa harus membayar, seperti halnya fitur premium di Spotify asli.

Baca juga: Awal 2018, Pelanggan Spotify Capai 70 Juta

Spotify juga mewanti-wanti penggunanya bahwa akan menangguhkan dan menyetop akun Spotify, jika kedapatan mengakses Spotify bajakan kembali dengan akun yang sama.

Dari pantauan Torrent Freak yang dilansir KompasTekno, Rabu (7/3/2018), beberapa pengguna tidak bisa mengakses Spotify bajakan, sementara beberapa pengguna lain mengaku masih bisa mengakses aplikasi bajakan tersebut.

Spotify memang sedang getol ingin memberangus aplikasi bajakannya. Pada 1 Maret kemarin, Spotify meminta pada Github untuk mencopot Spotify bajakan yang diberi nama "Dogfood" dari repositori Github.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X